Skip to content

30/06/2021 News

SUDAH BENARKAH OLI UNTUK MOTOR ANDA, INI PANDUANNYA

Bagi pemilik motor, khususnya motor performa tinggi, tentunya menjadi kebanggaan tersendiri jika tunggangannya terawat dan kondisi mesinnya selalu bisa memacu adrenalin bagi pemiliknya. Satu alasan untuk bisa membuat motor kesayangan Anda dalam kondisi terbaik adalah merawat mesin dengan melakukan penggantian oli secara rutin, tapi yang paling krusial adalah sudah benarkah oli yang Anda berikan untuk motor. Setiap jenis motor memiliki spesifikasi oli yang berbeda, simak panduan oli untuk motor berikut ini. 

Apa perbedaan antara oli motor dengan oli mobil?

Ada beberapa perbedaan utama antara oli motor dengan oli mobil. Pertama, oli motor juga digunakan untuk mendinginkan transmisi, tapi untuk mobil menggunakan oli transmisi khusus yang berbeda dengan oli mesin.

Oli mobil umumnya berisi kandungan untuk memodifikasi friksi agar bisa meningkatkan efisiensi kendaraan, tapi jika oli ini digunakan ke motor dan melumasi transmisi akan menyebabkan selip dan motor sulit dikendalikan. Itu sebabnya oli khusus motor tidak ada kandungan yang bisa memodifikasi friksi. 

Berikutnya, oli motor juga tidak memiliki aditif deterjen yang bisa Anda temukan pada oli mobil, jika ini digunakan pada mesin motor akan membuat endapan kotoran dan merusak piston dan juga valve di mesin. 

Terakhir, produsen oli lebih banyak mengembangan oli yang khusus untuk satu jenis motor saja, di mana ini tidak terjadi di pengembangan oli mobil. Selalu pastikan oli yang Anda gunakan untuk motor sudah sesuai dengan spesifikasi dari mesinnya. 

Bisakah oli mobil dipakai untuk motor?

Sebaiknya selalu gunakan oli yang khusus untuk motor daripada menggunakan oli mobil. Hal ini karena mesin motor memiliki cara kerja yang berbeda dengan mesin mobil. 

Mesin motor cenderung bekerja di putaran yang lebih tinggi dari mesin mobil, jadi membutuhkan oli yang bisa melindungi mesin terhadap panas dan juga friksi yang lebih baik. Dari perspektif mekanikal juga berbeda, motor memiliki jenis transmisi basah dan juga girboks yang membutuhkan pendinginan lebih baik, daya tahan viskositas dan juga aditif tambahan agar dapat bekerja optimal melindungi mesin. 

BACA JUGA: TEKNIK PENGEREMAN YANG BENAR SAAT HUJAN BAGI PEMOTOR

Bagaimana cara untuk menguras oli motor

Sebenarnya tidak direkomendasikan untuk menguras oli mesin motor, karena Anda bisa merusak mesin akibat kotoran yang sulit keluar dari ruang mesin dan hanya berputar di dalam, juga bisa merusak seal dan komponen mesin lainnya. Selain itu, oli motor sekarang ini sudah didesain untuk membersihkan komponen mesin dengan baik sehingga tidak diperlukan cairan khusus untuk menguras oli.

 
Usahakan untuk mengganti oli motor sebelum Anda menguras oli mesin. Lakukan pengurasan pada mesin motor jika terdapat deposit kotoran dan oli sudah menjadi seperti lumpur sehingga tidak ada lagi cara untuk membersihkan ruang mesin dengan oli. Pastikan ikuti instruksi yang ada pada peralatan engine flush.

Pelumas rantai pakai oli atau wax?

Untuk merawat rantai motor bisa menggunakan pelumas rantai atau wax, tapi mana yang lebih baik? Keduanya sama-sama bisa merawat rantai motor dan sama-sama berfungsi melumasi rantai.

Perbedaannya kalau pelumas berupa oli tapi kalau wax itu kering, pelumas rantai lebih mudah diaplikasikan ke rantai tapi harus sering diulang karena cepat mengering. Jika menggunakan wax prosesnya lebih rumit karena rantai motor harus dilepas terlebih dahulu dan juga bisa menyebabkan rantai motor menjadi keras ketika sudah lama, hanya saja hal ini bisa dibersihkan dengan mudah.

Manfaat oli sintetis di motor

Ketika harus memilih antara oli sintetis atau oli mineral untuk motor kesayangan, menggunakan oli sintetis akan lebih banyak kelebihannya dari oli mineral seperti berikut ini. 

•    Tahan terhadap cuaca
•    Perlindungan dari karat
•    Mengurangi endapan kotoran
•    Lebih cepat mendinginkan mesin
•    Usia pakai lebih lama
•    Emisi gas buang jadi lebih baik
•    Lebih hemat bahan bakar

Dalam beberapa contoh kasus, oli sintetis memang lebih baik untuk motor baru, dan untuk motor berusia di atas lima tahun sebaiknya menggunakan oli mineral atau oli yang lebih kental viskositasnya. Hal ini karena mesin yang sudah berumur akan lebih renggang jarak antar komponen di dalamnya dan oli sintetis yang cenderung encer akan mudah menguap, tapi tidak dengan oli mineral yang kental masih mampu melindungi komponen mesin. Mesin lama juga tidak akan bekerja terlalu keras seperti mesin motor baru, jadi memang tidak dibutuhkan formula canggih yang ada pada oli sintetis. 

Penggunaan oli motor yang tepat bisa meningkatkan performa motor dan juga proteksi terhadap mesin. Anda bisa lihat di tautan ini untuk jenis oli motor TotalEnergies yang tersedia. 

ARTIKEL TERKAIT: