Skip to content

04/12/2020 News

TEKNIK PENGEREMAN YANG BENAR SAAT HUJAN BAGI PEMOTOR

Mengendarai sepeda motor saat hujan perlu ekstra waspada dan berhati-hati. Sebab, kondisi jalan yang basah dan licin, membuat pengendara motor jadi mudah terjatuh.

Jika bicara soal musim hujan, sebaiknya pemotor memahami teknik pengereman yang baik dan benar. Pasalnya, ketika berkendara saat hujan masih banyak pengendara motor yang melakukan pengereman sama seperti ketika kondisi kering, dan akibatnya membuat sang pengendara terjatuh. Agar aman berkendara saat hujan, berikut beberapa teknik pengereman sepeda motor saat hujan.

Pertama, jika turun hujan yang harus dihindari oleh pengendara motor adalah hard braking atau pengereman secara tiba-tiba yang justru bisa membuat roda terkunci, kemudian ban selip lalu terjatuh. Sebaiknya saat hujan Anda harus mengurangi kecepatan berkendara supaya tetap aman.

Perhatikan juga ketika melakukan pengereman jangan lupa lepaskan handle gas untuk mengurangi daya dorong sepeda motor dan mengerem sebaiknya menggunakan empat jari, karena dengan begitu maka putaran pada tuas gas akan mengendur dan menutup sehingga motor bisa berhenti sempurna.

BACA JUGA: APA FUNGSI DAN PENTINGNYA MENGATUR HEADREST JOK MOBIL?

Teknik berikutnya adalah Anda bisa memanfaatkan engine brake pada sepeda motor manual atau bebek untuk membantu memperlambat laju sepeda motor. Caranya dengan memindahkan tuas transmisi ke gear lebih kecil sehingga putaran mesin akan menahan laju kendaraan.

Usahakan setiap kali melakukan pengereman, Anda mengkombinasikan antara pengereman depan dan belakang secara bersamaan, namun tetap dengan cara perlahan. Hindari menarik salah satu tuas rem depan atau belakang dengan sangat kuat, karena bisa membuat ban depan atau belakang menjadi selip dan kemudian tergelincir. Biasanya hal ini terjadi karena kebiasaan dua jari tangan selalu diposisikan di tuas rem, padahal dengan begitu Anda bisa secara reflek menarik tuas rem dan terjadi pengereman mendadak yang membuat Anda terjatuh.

Terakhir jangan mengerem saat posisi ban tidak sejajar atau ketika sedang menikung, karena bisa berpotensi menyebabkan ban selip dan membuat Anda terjatuh dari motor.

 

ARTIKEL TERKAIT: