Skip to content

27/04/2021 News

OLI MOTOR TIBA-TIBA BERUBAH WARNA COKLAT ATAU PUTIH SUSU, INI PENYEBABNYA

Oli atau pelumas memiliki peran yang sangat penting pada sebuah kendaraan bermotor yaitu berfungsi untuk mengurangi gesekan logam pada bagian dalam mesin. Tidak hanya itu, oli juga bisa menjadi alat pendingin, pembersih, hingga pelindung logam dari udara, air dan gas yang menyebabkan munculnya karat.

Oli mesin yang masih baru biasanya berwarna coklat keemasan. Meski begitu, tidak semua oli yang baru dibuka dari kemasan itu berwarna seperti itu, ada juga yang warnanya kuning, merah dan bahkan biru, tapi tidak ada yang ketika baru dibuka warnanya hitam. Bila Anda menemukan oli yang berwarna hitam, Anda boleh curiga bahwa oli tersebut adalah oli bekas.

Selain tidak ada yang warna hitam, tidak ada juga oli mesin motor yang warnanya putih. Kalau Anda pernah menemukan oli mesin motor yang berubah warna jadi putih seperti susu berarti ada masalah di dalam ruang mesin motor tersebut.

Oli mesin yang masih baru akan menghitam seiring dengan pemakaian karena fungsinya yang membersihkan ruang mesin sehingga kotoran yang ada akan menempel pada oli tersebut, tapi jika warnanya putih susu itu berarti ada air yang masuk ke ruang mesin dan bercampur dengan oli.

Ada beberapa hal yang menyebabkan oli berubah warna menjadi putih susu. Berkendara menerjang banjir bisa saja membuat air masuk ke dalam ruang mesin. Kemungkinan lainnya adalah adanya kebocoran pada packing head, oil cooler, atau dudukan filter oli yang mengakibatkan air masuk. Masuknya air ke dalam mesin juga bisa terjadi karena ada komponen mesin yang memang perlu diganti, seperti pada bagian lubang ventilasi yang terbuat dari karet, sehingga lama kelamaan bisa getas, lalu menjadi bocor.

 

BACA JUGA: PENTINGNYA PENGECEKAN RUTIN PADA KOMPONEN CVT MOTOR MATIK

 

Jika oli mesin berubah menjadi warna coklat atau putih susu, maka ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

 

  • Jangan langsung menyalakan mesin

Oli yang bercampur air dan berubah warna jadi putih susu ini akan membuat oli mesin kehilangan performa dan fungsi terutama untuk melumasi dan membersihkan ruang mesin. Jika tetap digunakan mesin akan cepat rusak karena tidak terlumasi dengan baik.

 

  • Segera ganti oli dengan yang baru

Apabila oli mesin sudah berubah warna seperti ini, segera ganti oli. Penggantian oli bahkan harus dilakukan berulang kali untuk memastikan tidak ada lagi air yang tersisa.

 

  • Periksa adanya kebocoran di sekitar mesin

Jika motor tidak menerjang banjir, maka harus dipastikan apakah ada kebocoran di tempat-tempat yang berkaitan dengan mesin, yang bisa membuat air masuk ke dalam mesin. Pastikan pemeriksaan ini dilakukan secara berulang supaya mendapatkan hasil memuaskan.

  • Suara mesin kasar sebaiknya bawa ke bengkel

Oli mesin sudah diganti beberapa kali tapi tetap berubah warna dan menimbulkan suara kasar ketika dinyalakan, berarti diperlukan pemeriksaan lebih lanjut ke bengkel terpercaya atau resmi. Ada kemungkinan motor Anda harus menjalani proses turun mesin.

 

ARTIKEL TERKAIT: