Skip to content

16/03/2021 News

TIPS MEMBELI MOBIL BEKAS DI ATAS 10 TAHUN, JANGAN SAMPAI MENYESAL

Tidak semua orang mampu membeli mobil baru dengan harga ratusan juta, sehingga bisnis mobil bekas pun sekarang masih bergairah. Jika Anda hanya memiliki dana terbatas, biasanya mobil bekas yang tersedia sudah berusia di atas 10 tahun.

Tapi apakah mobil bekas di atas 10 tahun ini masih layak untuk digunakan sehari-hari? Jawaban masih bisa, asal Anda benar-benar memperhatikan beberapa hal ini saat membeli mobil bekas dengan umur di atas 10 tahun ini.

Jangan hanya terpatok pada harganya yang murah saja, apalagi jika pilihan mobil jenis yang Anda minati ini masih sangat banyak di pasaran. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda periksa dengan detil ketika membeli mobil di atas 10 tahun.

Cek kondisi mesin

Pastinya hal pertama yang Anda harus lakukan ketika membeli mobil bekas apalagi yang usianya sudah 10 tahun adalah memastikan kondisi mesin kering, tidak ada rembesan oli ataupun cairan di bagian mesin hingga ke bagian kolong. Jika kondisi mesin kering maka umumnya mesin dalam kondisi baik dan Anda tidak akan mengeluarkan biaya yang besar untuk perbaikan mesin. 

Dengarkan juga suara mesin, pastikan tidak ada suara kasar dari ruang mesin. Biasanya mobil dengan usia di atas 10 tahun dan tidak dirawat dengan baik akan memiliki suara mesin yang kasar. Perhatikan juga apakah ada getaran yang tidak wajar dari mesin, kalau iya pertanda Anda harus mengganti engine mounting-nya.

Suhu mesin normal

Jangan lupa untuk mengecek juga suhu atau temperatur mesin dari dalam kabin. Tunggu sampai beberapa saat hingga mesin panas dan pastikan indikator suhu mesin tidak lebih dari 3/4 atau bahkan mencapai suhu tertinggi yang biasanya di tanda huruf H dengan warna merah.

BACA JUGA: LAKUKAN HAL INI SETELAH MOBIL MENERABAS DAN TERENDAM BANJIR

Tidak ada asap putih dari knalpot

Periksa ke bagian belakang, apakah keluar asap putih tipis dari lubang knalpot. Jika ada asap putih, maka dipastikan kondisi mesin tidak baik dan biasanya harus sampai turun mesin. Cek juga ujung knalpot mobil bagian dalam, kalau berwarna hitam kering berarti mobil memiliki masalah pembakaran yang tidak sempurna. Tapi kalau basah, biasanya pertanda ada oli mesin yang ikut terbakar.

Periksa kelistrikan dan perangkat elektronik

Kalau mesin sudah normal, maka periksa juga fungsi elektrikal di mobil, pastikan komponen elektrik tidak ada yang bermasalah. Cek apakah ada lampu peringatan di dashboard mobil ada yang menyala, seperti lampu check engine dan juga airbag jika ada. Kalau sampai ada yang bermasalah di elektrikal biasanya akan butuh biaya perbaikan cukup mahal.

Tes jalan

Ini cara terakhir untuk membuktikan kalau mobil incaran Anda masih layak beli. Biasanya mobil dengan usia di atas 10 tahun akan memiliki masalah di kaki-kaki dan juga transmisinya. Untuk itu tes jalan sangat diperlukan agar Anda tahu apakah pada bagian kaki-kaki atau di sektor transmisi ada yang mengeluarkan bunyi-bunyi tidak wajar bahkan tidak berfungsi dengan baik.

Jangan lupa untuk mengetes transmisi mobil dengan seksama, termasuk mengetes di tanjakan dan juga melakukan akselerasi ringan. Perhatikan juga saat berbelok apakah ada suara-suara yang kurang enak di dengar atau tidak.

ARTIKEL TERKAIT: