Skip to content

03/07/2020 News

PERSIAPAN KENDARAAN ANDA SETELAH LAMA PARKIR AGAR TETAP PRIMA

Setelah parkir lama, adakah hal yang harus dipersiapkan untuk kembali menggunakan kendaraan? Tentunya ada beberapa bagian penting yang perlu dicek dengan seksama oleh pemilik kendaraan. Simak tips berikut ini.

1. Cek kondisi aki mobil

Ketika lama terparkir dan tidak digunakan, hal pertama yang harus diperiksa adalah kondisi aki mobil. Biasanya ketika lama didiamkan tanpa pernah dipanaskan atau dinyalakan, aki mobil akan mengalami penurunan daya bahkan bisa sampai mati dan tidak berfungsi sama sekali. Ini merupakan kondisi yang lazim terjadi.

Untuk itu, Anda harus cek dulu kondisi aki apabila mobil tidak bisa dinyalakan maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menggantinya dengan aki baru. Tapi jika Anda masih rutin memanaskan mobil paling tidak seminggu sekali, biasanya aki mobil masih dalam kondisi yang bagus.

2. Periksa kondisi ban

Berikutnya adalah periksa kondisi ban mobil, karena jika parkir di garasi rumah yang memiliki atap biasanya saat kondisi dingin tekanan angin pada ban akan cepat berkurang. Parahnya lagi, ban mobil yang parkir lama bisa mengalami kempis di satu sisi. Untuk itu, pastikan seluruh ban memiliki tekanan angin yang cukup dan sesuai spesifikasi pabrikan mobil sehingga aman untuk digunakan kembali.

BACA JUGA: TIPS MENGGUNAKAN MASKER SECARA BENAR AGAR EFEKTIF MENANGKAL VIRUS

3. Cek rem parkir

Selain kondisi ban, rem juga menjadi krusial saat kendaraan terparkir lama. Biasanya, rem tangan menjadi lengket dan akan mempengaruhi kenyamanan serta keamanan berkendara. Hal tersebut terjadi karena ada genangan air atau mencuci mobil pada posisi rem tangan aktif, kemudian kendaraan diparkir dalam kondisi kampas rem basah.

Untuk menghindari rem mobil lengket, pastikan keempat roda/sistem rem kering sebelum kendaraan diparkir dalam jangka waktu yang lama. Namun jika mobil akan digunakan kembali dan rem parkir ini terasa lengket, mau tidak mau Anda harus mencoba menjalankan mobil maju dan mundur dengan sedikit paksaan agar sistem rem kembali normal.

4. Periksa cairan di bagian mesin

Karena mobil atau motor lama didiamkan, Anda juga harus memeriksa kondisi di ruang mesin, mulai dari oli mesin, air wiper, air aki, minyak rem, serta seberapa banyak bahan bakar di dalam tangki. Jika memang sudah terlalu lama diam tanpa pernah dinyalakan sebaiknya Anda segera mengganti oli mesin, karena saat oli terlalu lama mengendap di bagian bawah mesin maka fungsinya sebagai pelumas akan berkurang. Jika begini maka dampaknya akan terasa saat mesin dinyalakan, komponen saling bergesekan tanpa adanya perlindungan dari oli.

Selain itu Anda juga harus melakukan pengecekan pada bagian kolong. Pastikan tak ada noda oli atau kebocoran dari cairan mesin mobil di lantai garasi.

5. Periksa sistem kelistrikan

Ketika akan digunakan kembali, Anda juga sebaiknya melakukan pemeriksaan pada sistem kelistrikan. Sebab, banyak kejadian yang mesin mobil saat lama tidak menyala akan menjadi sarang atau rumah bagi binatang terutama tikus. Jika ini terjadi maka dikhawatirkan akan menggerogoti kabel-kabel di mesin sehingga sistem kelistrikan mobil menjadi terganggu.

Fungsikan fitur-fitur mobil seperti lampu, audio, dan AC secara bersamaan untuk memastikan tidak ada masalah di sistem kelistrikan. Termasuk pula mainkan tombol power window di seluruh kaca, lampu sein, dan wiper depan-belakang untuk memastikan seluruhnya berfungsi normal.

6. Lakukan tes jalan

Jika semua sudah dicek, maka nyalakan mesin mobil, maka perhatikan secara seksama, mulai dari suara dan getaran. Apakah ada yang berbeda? Coba mainkan pedal gas apakah semuanya terasa normal dan tidak ada indikasi suara mesin yang aneh seperti tersendat-sendat.

Bawa mobil melaju perlahan dan lakukan pengetesan rem untuk memastikannya bekerja dengan baik. Setelah itu jalankan mobil dalam kecepatan normal, dan pastikan seluruh perangkat bekerja dengan baik.

Jangan lupa untuk memeriksa level bahan bakar, kalau kurang dari setengah tangki segera isi bahan bakar agar tidak ada risiko tangki bensin terkontaminasi oleh uap air. Apabila Anda ragu dan merasa ada sesuatu yang kurang pas, maka bisa juga dilakukan di bengkel mobil terdekat untuk melakukan pengecekan secara lebih mendalam.

Jangan lupa untuk tetap menyediakan berbagai keperluan untuk kebersihan diri, mulai dari menggunakan masker selama perjalanan, membawa hand sanitizer atau tisu antiseptik untuk membersihkan tangan, serta menjaga kebersihan kabin mobil setelah digunakan. Agar lebih aman tidak ada salahnya untuk kabin mobil disemprot dengan disinfekatan secara rutin. Untuk menggunakan disinfektan di kabin mobil, Anda dapat melihat panduannya di artikel PERLUKAH MOBIL DAN MOTOR DISEMPROT CAIRAN DISINFEKTAN?

 

ARTIKEL TERKAIT: