Skip to content

19/10/2020 News

PERALATAN BENGKEL UNTUK PERAWATAN MOBIL DI RUMAH

Merawat mobil tak selalu harus dilakukan ke bengkel. Sebab, tak semua masalah pada mobil sangat vital. Namun untuk bisa mengatasi masalah tersebut pemilik mobil juga sudah sepatutnya memiliki beberapa peralatan bengkel sendiri di rumah. Tentunya, hal ini untuk menunjang ketika melakukan pengecekan jika terjadi masalah.

Karena terkadang ada beberapa masalah pada mobil yang perlu dicek hanya karena kurang presisi atau kurang kencang mur dan bautnya.

Ada juga pengecekan pada ban yang memang bisa dilakukan mandiri di rumah tanpa harus ke bengkel. Tentu saja, setiap pemilik mobil mungkin tak mengetahui seluk beluk soal mesin. Akan tetapi, sebaiknya Anda sedikit mengerti.

Peralatan bengkel  yang sebaiknya multifungsi,supaya tidak hanya digunakan pada mobil, tetapi bisa untuk memperbaiki sepeda motor, sepeda, bagian-bagian rumah, furnitur, mainan dan masih banyak lainnya.

Nah, berikut ini ada beberapa peralatan bengkel yang harus dimiliki pemilik mobil supaya bisa melakukan pengecekan di rumah tanpa harus ke bengkel.

1.   Dongkrak

Dongkrak dan kunci roda tentunya jadi alat wajib yang ada di setiap mobil. Alat ini jangan dibongkar ke luar masuk mobil ya! Pasalnya, ketika kaki-kaki seperti ban atau suspensi mengalami masalah, dongkrak dan kunci roda menjadi alat penting.

Dongkrak bisa mengangkat bodi mobil saat keadaan darurat, sementara kunci roda berguna untuk membuka mur baut pada pelek roda.

2.   Kunci Pas dan Kunci Ring

Perkakas lainnya yang perlu dimiliki yaitu kunci pas atau Open End Spanner. Kunci pas yang bentuk ujungnya U atau seperti persegi enam ini, berguna untuk membuka mur atau baut.

Kunci sama seperti kunci pas, Kunci Ring atau Offset Ring Spanner juga bisa digunakan untuk membuka mur dan baut.

Kunci Pas dan Kunci Ring juga biasanya terdiri dari satu kunci yang saling berlawanan. Ukuran kunci yang umum digunakan bisanya 6-7 sampai 30-32.

3.   Kunci Inggris

Kunci Inggris fungsinya sama seperti Kunci Pas atau Kunci Ring yaitu membuka mur dan baut. Hanya saja, Kunci Inggris ini memiliki rahang yang bisa disesuaikan.

Biasanya, Kunci Inggris akan sangat berguna apabila tak bisa membuka mur dan buat yang ukurannya tidak ada pada Kunci Pas atau Kunci Ring.

BACA JUGA: KENALI ARTI HURUF DAN ANGKA DI MOBIL OTOMATIS

4.   Kunci Busi

Seperti namanya, Kunci Busi juga perlu ada di dalam mobil, karena dapat mempermudah membuka dan mengencangkan Busi di mesin. Kunci Busi disebut juga alat khusus, karena busi bentuknya dibuat universal, maka untuk bisanya Kunci Busi bentuknya sama. Sebaliknya, meski bisa menggunakan Kunci Pas atau Kunci Inggris, namun hal tersebut dikhawatirkan bisa membuat ulir busi rusak.

5.   Kunci L

Kunci L atau Allen Key, ya kunci ini memiliki bentuk seperti huruf L yang berfungsi membuka atau mengencangkan baut yang kepalanya persegi empat atau enam dan menjorok ke dalam.

Kunci L ini terdapat ukuran 2 mm sampai 22 mm. Meski terkadang bentuknya tips, namun Kunci L tergolong sangat kuat.

6.   Obeng

Obeng, mungkin jadi alat yang cukup banyak dimiliki. Obeng yang memiliki mata berjenis minus dan plus atau kembang ini digunakan untuk membuka baut yang bentuknya menyerupai mata obeng.

Namun sebaiknya obeng yang digunakan memiliki material yang cukup kokoh dan presisi. Selain itu, ketika memutarkan untuk membuka atau mengencangkannya, lakukan dengan benar, sebab tak jarang obeng atau baut justru jadi rusak atau dol.

7.   Tang

Tang juga perlu dimiliki di rumah. Biasanya tang digunakan untuk memegang, mencabut, memutar melonggarkan, atau memotong sebuah benda kerja.

Namun begitu, Tang memiliki jenis yang berbeda-beda dan fungsinya juga sedikit berbeda. Sebaiknya Anda punya beberapa di antaranya  seperti Tang Kombinasi (Linesman), Tang Potong (Diagonal), Tang Lancip atau Tang Cucut (Long Nose) dan Tang Buaya (Locking Pliers).

8.   Cairan Pembersih

Cairan pembersih dan pelumas seperti halnya merek WD 40 memang banyak fungsinya. Sebab, nama WD sendiri merupakan kepanjangan dari Water Displacement (penghilang kelembaban), akan tetapi cairan ini bisa juga untuk melumasi, penetrasi, membersihkan, melindungi hingga menghilangkan karat.

9.   Kabel Jumper

Pernah atau tidak, sebuah mobil yang jarang melakukan pengecekan atau perawatan terkadang mengalami masalah pada bagian aki. Contohnya, mobil tak bisa distarter kemungkinan karena aki soak

Karena itu, Kabel Jumper dibutuhkan, karena peralatan yang satu ini bisa menjadi media suplai listrik dari aki mobil yang satu ke aki mobil Anda. Tentu saja untuk penggunaan harus mengetahui mana kabel kubu positif atau negatif. Sebab jika salah malah bisa berbahaya.

10.   Towing Hook

Peralatan bengkel yang juga perlu ada di miliki yaitu Towing Hook. Pasalnya, jika mobil sudah tak bisa menyala atau beroperasi, namun Anda tak mengerti soal mesin. Sudah saatnya mobil dibawa ke bengkel.

Belum lagi, jika mobil mogok di jalan, tentunya Towing Hook sangat berguna. Setidaknya, dengan memiliki Towing Hook, maka hal tersebut mempermudah ketika mobil ditarik hingga sampai ke bengkel terdekat.

 

ARTIKEL TERKAIT: