Skip to content

21/08/2019 News

PENTINGNYA MENGASURANSIKAN MOBIL BARU ANDA

Punya mobil baru haruskah memiliki asuransi? Seberapa pentingnya asuransi bagi mobil baru Anda? Tentunya siap mengendarai mobil baru, harus siap pula dengan resiko yang mungkin akan dihadapi saat keluar dari garasi rumah. Seperti misalnya terlibat kecelakaan atau tersenggol kendaraan lain. Parahnya lagi apabila insiden itu turut melibatkan pihak ketiga yang artinya beban Anda akan lebih berat lagi nantinya. 

Hal tersebut tentu tidak perlu menjadi pikiran jika mobil Anda sudah diasuransikan. Namun, banyak dari pemilik mobil baru yang tidak berminat memberikan perlindungan ini. Padahal, beberapa manfaat yang ditawarkan oleh asuransi melalui beberapa programnya dirasa cukup penting.

Jika terjadi kecelakaan tunggal, maka otomatis perbaikan bakal ditanggung oleh asuransi. Namun, ada pula asuransi yang menawarkan perluasan jaminan seperti meng-cover kerusakan mobil orang lain akibat kelalaian Anda. Sebagai contoh, Anda menabrak mobil orang. Dalam kasus ini Anda tidak perlu pusing soal biaya ekstra untuk perbaikan karena sudah dicover oleh asuransi. 

 

BACA JUGA: TERTIB BERLALU LINTAS AGAR PERJALANAN AMAN DAN NYAMAN

 

Selain itu, ada juga perluasan jaminan yang meng-cover kerusakan akibat musibah seperti banjir atau kerusuhan. Asuransi ini biasanya berjenis all-risk atau comprehensive. Asuransi tersebut tentu sangat berguna bagi Anda yang tinggal di kawasan rawan bencana seperti banjir atau longsor. 

Untuk mengikuti asuransi, Anda diwajibkan membayar premi auransi setiap tahun. Biayanya tergantung kepada beberapa hal, meliputi durasi pengambilan asuransi, harga mobil, wilayah domisili dan lain-lain. Bagi Anda pemilik mobil baru, biaya premi ini bisa dianggarkan dalam rencana keuangan keluarga agar tidak terlalu memberatkan saat memperpanjang premi di tahun berikutnya. 

Namun, sebelum itu Anda juga perlu menggali informasi terkait jaringan bengkel di perusahaan asuransi yang akan dipilih. Perusahaan dengan jaringan bengkel di seluruh Indonesia dan tersebar luas menjadi salah satu poin plus yang perlu dipertimbangkan untuk memilih produk asuransi kendaraan.

 

ARTIKEL TERKAIT: