Skip to content

31/05/2019 News

PENTINGNYA ATUR WAKTU PERJALANAN MUDIK

Pengemudi dituntut memiliki stamina lebih baik saat melakukan perjalanan mudik. Makanya, pengaturan waktu menyetir juga penting untuk menghindari kelelahan yang berisiko menyebabkan insiden.

Pasalnya, 20 persen penyebab tabrakan di jalanan karena letih. Bahkan, 25 persen diantaranya menyebabkan kecelakaan berdampak pada cedera serius hingga kematian. Ini terjadi karena pengemudi yang tertidur di balik setir tidak akan bisa mengurangi kecepatan atau mengubah arah untuk menghindari tabrakan.

Permasalahannya bukan pada kondisi jalan yang sepi maupun ramai. Tapi, bagaimana Anda mengatur serta membuat persiapan yang baik supaya berkendara dengan aman. Untuk itu, ada baiknya Anda melakukan hal-hal berikut guna mencegah hal yang tidak diinginkan. Pertama, istirahat cukup sebelum melakukan perjalanan mudik. Apabila Anda akan menyetir pada malam hari, usahakan untuk tidur lebih dulu di siang atau sore hari.

BACA JUGA : 10 TIPS UNTUK KONSUMSI BAHAN BAKAR YANG LEBIH EFISIEN

Sebaiknya pula hindari mengemudi pada waktu Anda biasanya tertidur. Bagi Anda yang menjalankan ibadah puasa atau ingin berkendara di pagi hari, upayakan waktu tidur pada malam hari maksimal. Lalu, padatkan waktu sahur dengan imsak agar waktu tidur bisa lebih banyak lagi. 

Pastikan juga beristirahat setidaknya 15 menit setelah mengemudi setiap 2 jam. Jika Anda memang benar-benar butuh tidur, bisa melakukan power nap atau tidur singkat.

Untuk mengembalikan konsentrasi, lakukan lah peregangan atau berjalan sejenak. Apabila benar-benar membutuhkan, tak ada salahnya meneguk minuman kafein secara cukup sebagai cara meningkatkan kewaspadaan Anda saat melanjutkan perjalanan.

Selanjutnya, hindari memakan makanan berat 1-2 jam sebelum mengemudi. Biasanya, efek kantuk akan terasa terlebih jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat. Apabila kantuk menyerang, jangan memaksakan diri untuk tetap mengemudi dan segera lah beristirahat di rest area terdekat.

ARTIKEL TERKAIT: