Skip to content

08/12/2020 News

MUSIM HUJAN, APA SAJA YANG HARUS DISIAPKAN SEBELUM BERKENDARA

Musim hujan telah tiba, tentunya berbagai persiapan pun harus dilakukan terutama kesiapan ketika berkendara. Tak hanya tubuh yang harus tetap prima, tapi jangan sampai lupa kalau kendaraan Anda pun wajib disiapkan untuk menghadapi musim hujan.

Persiapan pada kendaraan ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan terjadi ketika musim hujan, karena berkendara saat hujan dengan berkendara di saat kondisi kering sangat berbeda perlakuan dan juga persiapannya.

Berikut sederet persiapan yang wajib dilakukan pengendara mobil sebelum masuk musim hujan.

1. Periksa Mesin

Pastikan mesin dalam kondisi prima. Tentu saja mesin baik atau tidak bisa kita ketahui karena kitalah yang melakukan perawatan dan mengeceknya di bengkel. Maka dari itu pastikan jeroan mesin seperti busi, dan komponen lainnya dalam kondisi baik.

2. Cek kondisi Wiper

Sama halnya dengan komponen lainnya, karet wiper juga memiliki masa pakai tertentu. Seiring dengan umur pemakaian, karet pada wiper bisa getas, bergelombang atau juga kaku. Akibatnya, sapuannya tak maksimal terlebih saat hujan, sehingga visibilitas atau jarak pandang pengendara jadi minim dan akan membahayakan. Bila Anda merasa sapuan wiper tidak bersih, sebaiknya langsung menggantinya dengan yang baru.

3. Cek Tekanan Angin dan Alur Ban

Ban cukup memiliki kontribusi tinggi terhadap keselamatan berkendara, mengingat komponen ini yang bersentuhan dengan jalan, sehingga Anda wajib mengecek kondisinya. Saat hujan, alur ban akan bekerja membuang air ke samping supaya tidak terjadi gejala mobil mengambang di atas air alias aquaplaning. Untuk itu pastikan kembang dan alur ban masih dalam kondisi baik, minimal memiliki ketebalan 50 persen dari baru atau ketebalannya minimal 1,5 cm. Pastikan juga tekanan angin pas sesuai standar yang dianjurkan buku manual. Jangan sampai kurang atau kelebihan tekanan, sesuaikan dengan indikator yang ada di bagian dalam pintu mobil.

BACA JUGA: KENALI ARTI HURUF DAN ANGKA DI MOBIL OTOMATIS

4. Cek Aki

Sistem kelistrikan mobil perlu dicek sebelum melakukan perjalanan, usahakan tidak ada kabel yang terbuka atau terkelupas karena bisa menyebabkan korslet ketika kena air. Selain itu, cek juga aki mobil Anda, agar saat kondisi hujan semua kelistrikan di mobil akan bekerja sempurna.

5. Tabung Air Wiper Terisi

Mengisi tabung air wiper secara penuh mungkin kerap diabaikan pengendara. Padahal ketika musim hujan, air dari tabung wiper tersebut dapat membantu membersihkan kaca mobil. Untuk itu, Anda harus memastikan bahwa tabung wiper terisi penuh sebelum melakukan perjalanan.

Anda juga bisa menambahkan dengan cairan khusus pembersih kaca untuk menghilangkan lemak menempel yang dapat mengganggu visibilitas pengendara. Jangan lupa juga untuk memastikan kondisinya baik dan berfungsi dengan normal.

6. Pastikan Lampu Berfungsi

Anda wajib memastikan kondisi lampu berfungsi secara normal dan hidup. Jika lampu mati ini amat membahayakan ketika Anda harus berkendara di tengah hujan deras. Adanya lampu dapat menambah visibilitas pengendara ketika musim hujan. Karena itu, cek lampu utama, sein, fog lamp, hingga lampu belakang, pastikan semuanya berfungsi normal.

7. Cek AC

Pastikan AC berfungsi baik dan dingin. Tanpa AC, Anda akan terhindari dari kaca mobil berembun sehingga membuat visibilitas terganggu ketiba berkendara saat hujan.

8. Cek Kebocoran

Cek kebocoran bisa Anda lakukan ketika mencuci mobil. Sesekali Anda dapat menggunakan cuci mobil otomatis. Dengan begitu, saat Anda berada di dalam mobil bisa memastikan adakah kebocoran di dalam mobil. Jika ada, Anda bisa segera membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan pengecekan lebih detail. Atau kalau memang diperlukan gantilah komponen yang rusak tersebut agar tak lagi timbul kebocoran.

9. Siapkan Beberapa Perlengkapan

Apabila pengecekan bagian mobil sudah dilakukan, maka Anda juga perlu membawa perlengkapan tambahan seperti payung, sandal, handuk kecil, pakaian ganti. Hal ini untuk berjaga-jaga bila Anda harus keluar mobil saat hujan masih turun sangat deras.

10. Tentukan Rute

Jika semua bagian mobil sudah dilakukan pengecekan, maka pastikan rute jalan yang dilewati dengan tepat. Anda bisa memanfaatkan internet untuk memastikan jalan yang akan dilewati banjir atau tidak, dan memilih rute alternatif jika jalan menuju tempat tujuan dilanda banjir.

ARTIKEL TERKAIT: