Skip to content

28/01/2021 News

MOBIL MATIK MOGOK DI JALAN, PERHATIKAN CARA DEREK YANG BENAR

Mobil mogok saat berada di jalan menjadi pengalaman yang tidak mengenakkan bagi siapapun dan  kalau hal ini terjadi sudah pasti Anda akan kerepotan. Terlebih jika mobil yang dikendarai bertransmisi otomatis atau matik, karena tak bisa sembarangan didorong seperti halnya mobil dengan transmisi manual. Jika dipaksa didorong maka dikhawatirkan komponen-komponen di transmisi matik akan rusak, karena ada pompa hidrolik di dalamnya yang hanya dapat bekerja ketika mesin hidup.

Solusi bila mobil matik tak bisa diperbaiki di tempat maka harus diderek. Nah, ketika menderek pun tak bisa asal, ada beberapa hal yang wajib dilakukan saat berencana menderek mobil matik. Berikut tips dan triknya.

1. Pindahkan gigi posisi netral

Jangan lupa untuk memposisikan tuas transmisi pada posisi netral ketika mobil mati. Karena mobil matik, maka Anda juga perlu menggunakan shift lock agar kunci mobil bisa dicabut sementara sistem kelistrikannya mati. Jika sudah di posisi N, untuk sekadar mendorong masih sah-sah saja asalkan hanya jarak dekat. Karena itu evakuasikan mobil ke tepi jalan agar tidak mengganggu lalu lintas pengendara jalan lainnya.

BACA JUGA: MEMBEDAKAN OLI MESIN MOTOR TRANSMISI MANUAL DENGAN MATIK

2. Ketahui Sistem Penggeraknya

Sebelum Anda menderek mobil matik yang mogok di jalan, sebaiknya memastikan sistem penggerak mobil. Bila sudah diketahui sistem penggerak mobil maka Anda baru bisa memasangkan pengaitnya.

Untuk menderek mobil matik berpenggerak roda belakang maka, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengangkat roda bagian belakang. Kemudian pasangkan alat penderek di roda bagian belakang. Sedangkan roda depan dibiarkan berputar. Nantinya, posisi mobil akan menghadap ke belakang berlawanan dengan mobil penderek.

Sebaliknya, jika mobil matik yang mogok berpenggerak roda depan maka yang diangkat adalah roda depan. Roda belakang akan dibiarkan menyentuh jalan dan posisi mobil akan menghadap ke depan.

3.  Menggunakan derek gendong

Derek gendong bisa dipilih untuk membantu menangani mobil matik yang mogok di jalan. Derek gendong dianggap lebih aman untuk mobil matik karena ban mobil tak akan berputar dan lebih aman bagi transmisinya itu sendiri.

ARTIKEL TERKAIT: