Skip to content

19/10/2020 News

MOBIL DIPARKIR LAMA, INI AKIBATNYA PADA OLI MESIN ANDA

Oli mesin memiliki peran penting pada kendaraan Anda. Fungsinya untuk menjaga agar tidak terjadi gesekan antar komponen di dalam mesin tapi oli mesin juga berfungsi untuk membersihkan bagian-bagian di dalam mesin kendaraan. Itu sebabnya Anda harus rutin melakukan perawatan dengan mengganti oli sesuai rekomendasi. Tapi kondisi ini belum tentu berlaku jika mobil Anda jarang digunakan, atau bahkan hanya diam di garasi saja dalam waktu lama.

Tahukah Anda jika oli mesin mobil tetap harus dilakukan pengecekan secara berkala? Apalagi ketika mobil Anda tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama. Oli mesin ini hanya berfungsi maksimal ketika mesin mobil menyala, yang artinya mobil secara rutin digunakan untuk berkendara.

Jika mobil terlalu lama parkir dan tidak pernah dinyalakan mesinnya, maka oli tersebut tidak akan melumasi bagian-bagian di dalam mesin. Tentunya juga oli hanya akan mengendap di bagian bawah mesin saja, karena oli akan terdistribusi ke seluruh bagian mesin oleh pompa oli saat mesin menyala.

Nah, ketika mesin lama tidak dinyalakan berarti oli ini hanya diam di bagian bawah mesin dan bisa mengendap hingga terbentuk seperti lumpur atau sludge. Menggumpalnya oli seperti lumpur ini tak lain karena terjadi oksidasi, di mana molekul oli menyatu dengan kotoran sisa karbon, partikel metal, bensin, gas, dan juga air, maka terjadilah oli yang mengental seperti lumpur atau bahkan bisa menjadi seperti gel.

BACA JUGA: 6 LANGKAH CARA MENGGANTI OLI MESIN SENDIRI DI RUMAH

Ketika oli mesin sudah mengendap menjadi lumpur tentu saja fungsi oli tersebut akan hilang, dan bisa menyebabkan mesin menjadi rusak atau mogok ketika dinyalakan kembali. Pelumas yang harusnya memiliki tingkat kekentalan tertentu agar bisa melumasi bagian terkecil pada mesin pun ketika sudah menggumpal akan bisa menyumbat bagian-bagian di dalam mesin.

Adapun beberapa masalah yang biasa muncul terjadi pada oli menggumpal yaitu turunnya performa mesin, komponen mesin bisa rusak, mesin mengeluarkan suara berisik, pompa oli tersumbat, atau bisa saja menjadi boros bahan bakar.

Cara mengatasi ketika mobil hanya parkir lama, tentunya kami menganjurkan agar mengganti oli mesin terlebih dulu sebelum mobil digunakan kembali. Anda bisa juga melakukan pengecekan tingkat kekentalan oli mesin dengan melihat pada dipstick oli, apakah bentuk dan volume oli tersebut masih dalam kondisi normal atau tidak. Jika kondisi oli mesin sudah mengental hingga membentuk gel atau lumpur maka sebaiknya Anda juga perlu melakukan engine flush dengan cairan khusus.

Untuk mencegah agar oli tak menggumpal seperti lumpur saat mobil diparkir lama sebenarnya sangat mudah, yaitu pastikan mesin mobil dinyalakan minimal seminggu sekali atau akan lebih baik jika mobilnya juga diajak jalan-jalan keliling di sekitar rumah.

Cara lain yang tak boleh dilupakan oleh Anda sebagai pemilik mobil yaitu melakukan pengganti oli secara teratur sesuai yang dianjurkan di buku manual, pilih oli yang tepat, hingga ganti oli filter setiap kali melakukan penggantian oli.

 ARTIKEL TERKAIT: