Skip to content

19/10/2020 News

MESIN MOBIL TURBO BUTUH PERAWATAN KHUSUS?

Bagi para antusias, mungkin paham dengan teknologi mesin mobil turbo modern sekarang ini. Hanya saja bagi sebagian orang, masih banyak yang belum terlalu paham dengan teknologi turbo tersebut dan menganggapnya sama seperti mesinmobil  turbo beberapa dekade silam.

Memang turbo pada mesin mobil ini bukanlah teknologi terbaru, tapi turbo di era sekarang juga berbeda dengan turbo di tahun 1990-an. Teknologi turbo saat itu memang populer di mobil dengan performa tinggi dan lazim digunakan pada mobil untuk balap.

Saat ini, teknologi turbo pada mesin mobil lebih ditekankan pada penghematan bahan bakar tanpa mengorbankan performa mobil tersebut. Artinya mobil dengan mesin 2.000cc tanpa turbo akan setara tenaganya dengan mobil bermesin 1.500cc turbo. Paling penting mobil 1.500cc turbo ini pastinya akan lebih irit bahan bakar dari mobil non turbo.

Pada dasarnya piranti turbo ini merupakan komponen tambahan biasa yang bertujuan menarik udara lebih banyak ke dalam mesin. Hasilnya dapat meningkatkan performa ketika dipacu di jalanan, namun juga mobil jadi tetap irit bahan bakar.

Hanya saja bagi orang biasa yang tidak terlalu mengerti soal mesin mobil, tentunya ada ketakutan bagaimana dengan cara perawatan mesin mobil turbo ini. Apakah mesinnya berbeda dengan mobil biasa? Sebenarnya mobil bermesin turbo ini tidak punya perawatan yang berbeda dengan mesin mobil lainnya.

Perawatan bagi mobil turbo di era modern sekarang ini juga sama saja dengan mobil lain tanpa turbo. Memang kalau di era tahun 1990-an mobil bermesin turbo harus ada perlakuan khusus, seperti untuk mematikan mesin saat parkir harus tunggu beberapa saat karena menunggu piranti turbo sampai berhenti total.

BACA JUGA: MENCAMPUR BBM BEDA OKTAN BIKIN IRIT?

Tapi hal seperti itu tidak perlu dilakukan lagi. Pabrikan mobil sudah mengatasi permasalahan tersebut sehingga mobil dengan turbo dapat beroperasi seperti mobil lainnya.

Berikut ini cara-cara perawatan pada mobil bermesin turbo agar selalu beroperasi secara maksimal.

Periksa dan ganti oli mesin secara rutin

Sama seperti mobil pada umumnya, pemeriksaan oli mesin di mobil dengan turbo ini sangat diperlukan. Perhatikan juga spesifikasi oli mesin yang dianjurkan oleh pabrikan mobil. Jangan sampai Anda terlewat untuk mengganti oli mesin, karena piranti turbo ini sangat membutuhkan kualitas oli yang sangat baik untuk melumasi bagian-bagian penting di dalamnya.

Gunakan bahan bakar yang tepat

Penggunaan bahan bakar yang tepat juga sangat dianjurkan bagi mobil bermesin turbo. Seperti diketahui, bahan bakar yang sangat dianjurkan pada mobil masa kini yaitu dengan kadar oktan di atas 92. Kenapa begitu? Karena jika menggunakan oktan yang tepat sesuai rekomendasi pabrikan, maka sistem pembakarannya akan lebih sempurna. Terutama bagi mobil turbo ini yang diharuskan menggunakan bahan bakar berkualitas sehingga performa mesin mobil akan lebih meningkat dan lebih irit bahan bakar.

Rajin bersihkan filter udara

Kinerja mesin turbo ini sangat ditentukan dari masuknya pasokan udara ke dalam mesin. Untuk itu sebaiknya Anda harus rajin membersihkan saringan udara ini. Jika sampai saringan udara kotor maka fungsi turbo ini akan menjadi tidak maksimal.

ARTIKEL TERKAIT: