Skip to content

28/01/2021 News

MENGATUR SUHU KABIN YANG IDEAL KETIKA BERKENDARA SAAT HUJAN

Fungsi Air Conditioner (AC) pada sebuah mobil memang dapat memberikan rasa sejuk. Terlebih jika berkendara saat siang hari, di mana matahari seakan sedang tampil agresif memancarkan sinarnya. Namun begitu, AC juga sangat dibutuhkan ketika kondisi cuaca sedang turun hujan. Ya, hal ini karena AC berfungsi untuk menghilangkan embun ketika mengemudi saat kondisi hujan.

 

Jika embun hilang, tentu saja visibilitas atau jarak pandang pengemudi akan lebih terlihat jelas. Namun tidak dapat dipungkiri, jika menyalakan AC saat hujan secara terus menerus maka pengemudi dan penumpang justru akan menggigil kedinginan.

 

Lantas bagaimana mengatur suhu kabin yang ideal ketika berkendara saat hujan? Untuk mengatur temperatur AC mobil saat kondisi hujan, jika panel AC sudah digital memang cukup mudah memperhitungkannya, Anda cukup atur ke posisi yang diinginkan. Apabila merasa kabin terlalu dingin, bisa arahkan ke suhu 22, 23, 24, 25 atau 26 derajat celcius. Lain halnya apabila panel AC masih konvensional, maka pengaturan masih menggunakan tombol yang harus disesuaikan agar suhu AC menjadi tidak terlalu dingin.

 

BACA JUGA: SEJARAH MENGAPA INDONESIA MENGGUNAKAN SETIR KANAN

 

Jika AC memiliki mode Defroster, Anda bisa memanfaatkan fitur ini lantaran dapat menghilangkan embun pada bagian kaca depan, lantaran adanya hembusan udara melalui ventilasi AC yang langsung ke kaca bagian depan.

 

Tapi perlu dicatat, jika kabin memang sangat dingin jangan mengarahkan ventilasi AC ke arah jendela kanan atau kiri. Pasalnya, hal itu justru akan muncul embun pada kaca karena perbedaan suhu di dalam kabin yang lebih dingin daripada suhu di luar mobil. Ketika itu terjadi, maka embun pada kaca akan membuat visibilitas pengemudi menjadi terganggu.

 

Sebaliknya, jangan juga sampai matikan AC mobil ketika berkendara saat hujan karena embun akan muncul pada kaca mobil Anda. Solusinya biarkan AC tetap menyala dengan mengatur ulang suhunya sesuai kebutuhan. Selain itu siapkan pakaian lengan panjang atau sweater jaket atau pakaian lebih tebal, agar tubuh Anda tetap hangat.

ARTIKEL TERKAIT: