Skip to content

14/01/2020 News

MAU LIBURAN AKHIR TAHUN DENGAN CARA ROAD TRIP, INI JENIS MOBIL PILIHANNYA

Layaknya mudik, liburan akhir tahun juga selalu menjadi agenda masyarakat di Indonesia. Moda transportasi yang ditawarkan juga beragam. Tapi jika ingin berlibur dengan keluarga, kendaraan pribadi jelas jadi pilihan utama. Apalagi untuk mereka yang tinggal di Tanah Jawa, infrastruktur yang kian memadai seperti jalan tol membuat road trip menjadi lebih singkat. Belum lagi soal proyek tol layang Jakarta-Cikampek (Japek) II yang dicanangkan beroperasi pada pertengahan Desember 2019.

Meski waktu tempuhnya lebih cepat, pemilihan jenis mobil yang ingin digunakan juga harus tetap diperhatikan. Pasalnya, ini berkaitan dengan kenyamanan mengingat Anda dan keluarga atau teman akan berada di mobil dalam waktu berjam-jam. Lalu mobil seperti apa yang cocok diandalkan untuk road trip?

1. Multi Purpose Vehicle (MPV)

Sudah pasti MPV menjadi mobil pilihan. Pertama, dia mampu mengakomodasi hingga 7 penumpang. Meski mengkin akomodasi barang bawaannya tak bisa banyak jika diisi penuh penumpang. Sebaliknya, jika hanya diduduki hingga baris kedua, maka muatan barang bisa sangat banyak. Terlebih jika bangku baris ketiganya dilipat. 

MPV sekarang ini juga didesain agar luwes menghadapi rute variatif di jalanan Tanah Air. Ada MPV tertentu yang memiliki ground clearance, cukup tinggi. Di samping itu, konsumsi bahan bakar MPV juga cukup efisien. Namun jika mau yang lebih irit, bisa arahkan opsi ke unit MPV LCGC. 

 

BACA JUGA: MENCAMPUR BBM BEDA OKTAN BIKIN IRIT?

 

2. Sport utility Vehicle (SUV)

Jelas bahwa SUV memang didesain untuk menaklukkan medan cukup berat. Secara ground clearance pun, dia lebih tinggi dari MPV. Soal kenyamanan di kondisi tersebut, sudah pasti baik, ditambah lagi  SUV sekarang banyak yang memiliki konfigurasi 7-seater. Urusan bagasi di belakang juga bisa diandalkan untuk menaruh barang-barang selama road trip. Namun banyak juga yang memilih SUV berbahan bakar diesel, selain lebih bertenaga mobil ini juga pasti irit BBM. 

3. Crossover atau SUV 5 Penumpang

Mengenai karakter, tak jauh berbeda dengan SUV 7-seater. Hanya saja mobil yang kerap disebut crossover, terlihat lebih kompak. Lebih kecil lantaran daya tampung penumpang maksimalnya adalah 5 orang. Tapi kemampuan menampung barang bawaan di bagasi, jadi nilai plus mobil crossover. Jangan pula menganggap remeh kemampuannya. Pasalnya, sekarang ini juga sudah cukup banyak crossover berbekal turbocharged. Melahap jalanan menanjak disertai tidak rata, sudah pasti bukan jadi masalah besar. 

4. City car atau hatchback

Peruntukkannya memang untuk perkotaan. Namun tak sedikit pula yang mengandalkannya untuk melakoni road trip, apalagi jika untuk berdua atau dengan satu orang anak. Muatan yang bisa dimasukkan, sudah lebih dari cukup. Selain itu, tubuhnya yang kompak juga memudahkan untuk dikendarai. Tetapi, city car atau hatchback memiliki ground clearance lumayan rendah. Untuk itu, Anda perlu memilih jalur yang tepat. Kalau bisa hindari jalanan rusak yang bisa berdampak pada kerusakan kaki-kaki. Termasuk pula soal rute, mengingat mobil berjenis city car atau hatchback punya daya tampung BBM lebih sedikit. Sebaiknya, lakukan pengisian ulang bensin saat indikator BBM berada di garis tengah. 

Selain pilihan jenis mobil di atas, ada hal yang paling penting. Rancang itenerary perjalanan supaya liburan Anda lebih optimal dan efisien. Kemudian service mobil sebelum melakukan perjalanan jauh. Pastikan kondisi mobil Anda dalam keadaan laik jalan, demi meminimalisir resiko kecelakaan. Jangan lupa pula untuk beristirahat setelah maksimal 2 jam berkendara. Selamat berlibur! 

 

ARTIKEL TERKAIT: