Skip to content

11/05/2020 News

MAU AC MOBIL AWET DAN DINGIN, LAKUKAN 5 HAL BERIKUT INI

Air Conditioner (AC) menjadi kebutuhan wajib di setiap mobil, terutama di Indonesia yang memiliki iklim tropis dengan tingkat kelembaban tinggi, panas dan akrab dengan kemacetan. Adanya sistem pendingin, pemilik kendaraan bisa lebih nyaman saat berkendara. Selain mendinginkan kabin, AC juga berfungsi menghilangkan kabut pada kaca ketika hujan.

Sebaliknya, aktivitas berkendara jadi tidak menyenangkan karena kondisi kabin tidak sejuk. Mungkin saja ada masalah pada bagian teknis pendingin mobil. Untuk mengetahuinya, Anda bisa segera mendatangi bengkel resmi atau layanan AC terpercaya. Namun perlu ditelisik pula, jangan-jangan ada perilaku Anda yang kurang tepat. Untuk itu, coba lakukan cara berikut, agar AC mobil awet dan tetap dingin.

1. Jaga kebersihan kabin

Menjaga kebersihan bagian dalam mobil penting untuk mengoptimalkan kinerja AC. Jangan biarkan interior dalam keadaan kotor cukup lama. Terlebih jika terdapat banyak debu yang membuat filter AC terhambat dan menyebabkan AC tidak akan dingin sebagaimana mestinya.

2. Jangan menyalakan AC dengan kaca terbuka

Membuka AC saat kaca terbuka juga berpotensi membuat kabin mobil kotor dan kemasukan debu. Sama pula dampaknya karena partikel-partikel organik itu bisa menyumbat filter AC. Tak cuma itu, ketika kaca tidak tertutup, maka AC akan bekerja ekstra karena harus mencari suhu ideal di dalam kabin. Jika selalu demikian, maka umur perangkat AC mobil Anda bakal tidak awet.

BACA JUGA: LAKUKAN HAL INI SETELAH MOBIL MENERABAS DAN TERENDAM BANJIR

3. Merokok di dalam mobil

Berkaitan pula dengan kebersihan interior. Ada baiknya Anda tidak merokok di dalam mobil dengan kondisi AC menyala. Asap serta nikotin dari rokok dapat membuat evaporator AC kotor. Hal ini tentunya dapat menghambat kerja AC.

4. Parkir di tempat teduh

Hindari memarkir mobil di bawah terik matahari dalam jangka waktu lama. Pasalnya, ketika mobil dinyalakan, AC mendapatkan beban lebih karena proses pendinginan kabin berlangsung lebih lama.

5. Lakukan servis berkala

Upaya untuk menjaga usia pakai perangkat AC, bisa ditempuh dengan melakukan servis berkala. Lakukan di bengkel langganan terpercaya untuk mengecek fungsi dari komponen-komponen seperti: kompresor, receiver dyer, kondensor, evaporator, ekstra fan kipas, hingga freon. Pastikan juga jasa itu juga meliputi pembersihan filter AC.

ARTIKEL TERKAIT: