Skip to content

25/02/2020 News

MALAS CUCI KENDARAAN PASCA KEHUJANAN, SIAP-SIAP TANGGUNG MASALAH INI

Hujan masih kerap terjadi, meski intensitasnya tak sesering di awal tahun. Tak jarang pula kondisi berubah seketika dari panas lalu hujan, ataupun sebaliknya. Situasi ini tentu tak menyenangkan bagi pemilik kendaraan, terlebih bila sebelumnya mobil maupun motornya dalam keadaan bersih. Lantaran demikian, tak sedikit dari mereka yang acuh untuk segera mencuci kembali pasca terkena air hujan.

Padahal kerugian sudah di depan mata, terlebih jika cuaca berubah drastis misalnya dari hujan ke panas. Pada keadaan ini bercak air akan muncul, baik pada bodi maupun kaca (pada mobil). Bila dibiarkan, maka berpotensi menimbulkan jamur. Kalau sudah begitu, Anda harus mengeluarkan biaya ekstra karena mesti membayar jasa salon untuk menghilangkan noda-noda itu.

BACA JUGA: MENCEGAH BAU TAK SEDAP DI KABIN MOBIL

Sebenarnya tidak perlu cost tambahan ketika Anda sadar akan pentingnya perawatan. Setelah diguyur hujan, sebaiknya langsung cuci bersih kendaraan kesayangan dan keringkan bagian bodi menggunakan lap chamois. Aktivitas ini dilakukan guna menghilangkan kotoran-kotoran serta zat asam yang terkandung dalam air hujan. Saat Anda malas, siap-siap saja mendapati bagian tubuh terutama yang berbahan besi terserang oleh karat. Selain itu, berpotensi membuat kelir bodi menjadi belang atau kusam terutama pada mobil berwarna putih.

Perhatian ekstra pun harus tertuju pada area kaca, pasalnya kotoran tadi juga menjadi pemicu munculnya jamur di kaca. Untuk membersihkannya, harus menggunakan cairan khusus yang berarti ada pengeluaran tambahan dari kantong Anda sendiri. Untuk itu, penting sekali menjaga kebersihan bagian ini. Termasuk memastikan kebersihan di pinggir kaca agar tak terjadi korosi di sana.

Tak cuma bodi dan kaca, karat juga rawan menyerang apabila membiarkan kotoran bersarang di sektor kaki-kaki. Cuci bersih juga bagian ini agar tak terjadi penumpukan kerak yang dapat berakibat memperpendek usia pakai komponen di bagian kolong ini. Sebagai contoh suspensi. Kotoran dan debu dapat dengan mudah menempel di seal yang bakal memengaruhi kinerja dari peredamannya terhadap jalan. Dampak terburuknya adalah terjadinya kebocoran pada suspensi. So, pastikan selalu kendaraan Anda dalam keadaan bersih.

ARTIKEL TERKAIT: