Skip to content

05/02/2020 News

LAKUKAN INI SETELAH MOBIL MENERABAS DAN TERENDAM BANJIR

Banjir menjadi momok bagi pemilik kendaraan, termasuk mobil. Cara paling ampuh, tentu saja menghindari jalan yang rawan tergenang. Tapi, pasti ada saja momen di mana Anda tak dapat menghindari kejadian itu. Sebagai contoh, saat hujan mengguyur Jakarta beberapa waktu lalu. 

Jalanan di bilangan Asia-Afrika menjadi salah satu ruas yang banjir. Namun, mobil yang terlanjur melintas di jalur itu tak bisa ubah haluan. Alhasil, mereka mesti menerabas genangan air itu. Anda boleh saja lega ketika berhasil lolos. Tapi, jangan lupa juga setelahnya ada yang harus dicek dengan melakukan perawatan alias servis. 

1. Mengeringkan semua komponen

 
Paling utama adalah memperhatikan komponen pengapian yang rawan rusak, mulai dari busi, alternator, saringan udara, koil hingga kabel-kabel. Pekerjaan ini dapat Anda lakukan sendiri dengan cara mengeringkannya dengan pengering rambut. Seraya periksa kembali, apakah komponen pengapian masih berfungsi dengan baik. Ini penting karena jika tidak, mesin rawan mogok. 

2. Ganti oli

Pada dasarnya, mesin mobil dirancang kedap air dan semua cover mesin sudah lindungi oleh sealant tahan panas. Sehingga jika terendam banjir, kemungkinan kecil air bisa masuk ke dalam mesin. Tapi, hal ini tidak berlaku apabila mobil pernah mengalami overheat. Risiko kebocoran ruang bakar sangat tinggi karena ketika overheat tadi, engine jacket menjadi melengkung. 

BACA JUGA: MENCAMPUR BBM BEDA OKTAN BIKIN IRIT? 

Selain itu, air juga bisa masuk lewat air intake. Inilah salah satu penyebab mobil mogok. Solusinya, langsung periksa dip stick oli mesin. Indikasi oli tercampur air terlihat jika ada perubahan warna pada pelumas. Misalnya, oli jadi berwarna kecoklatan. Kalau sudah begini, sebaiknya ganti oli mesin dan oli gardan. 

3. Kuras tangki BBM

Sumber masalah ternyata juga ditemui pada bagian tangki BBM, air bisa saja masuk ke tampungan bahan bakar. Ada pencampuran BBM dengan air, membuat masalah baru. Jika dibiarkan terlalu lama, muncul karat sebagai awal terjadinya pengeroposan pada tangki. Penyebab utama kebocoran pada tangki BBM, itulah kenapa menguras tangki BBM sangat penting usai Anda melewati banjir. 

4. Lepaskan kabel accu

Tak hanya di jalan raya, nahas bisa saja menimpa mobil yang tengah di parkir. Jika Anda adalah salah satunya, segera lepaskan kabel accu. Dengan begitu, Anda terhindar dari risiko korsleting dan membuat komponen kelistrikan rusak. 

Keempat langkah ini bisa Anda lakukan sendiri. Sebaliknya, bawalah ke bengkel terpercaya jika merasa mobil butuh penanganan serius. Para mekanik harusnys sudah mengerti treatment seperti apa yang mesti dilakukan terhadap masalah mobil terendam banjir.

ARTIKEL TERKAIT: