Skip to content

19/10/2020 News

KENAPA REM TANGAN MOBIL MACET KETIKA PARKIR LAMA?

Setiap hari mengendarainya, tapi sebenarnya tahu enggak sih dengan fungsi dari rem tangan mobil?  Disebut dengan rem tangan atau rem parkir karena memang fungsi rem ini hanya digunakan untuk parkir saja agar mobil tidak bergerak. Berbeda dengan sistem rem yang berada pada pedal di bawah setir, yang tugasnya untuk menghentikan laju mobil ketika sedang berkendara.

Istilah rem tangan ini memang karena tuasnya dirancang agar bisa dioperasikan dengan tangan, sehingga posisinya berada di area yang mudah dijangkau oleh tangan. Ada juga yang menyebutnya dengan istilah rem stick, di mana untuk melepaskan pengereman bisa dilakukan dengan cara menekan tombol di ujung atas.

Meski begitu ada juga beberapa mobil yang menyematkan rem parkir ini di bagian bawah setir di bagian ujung kiri dan cara pengoperasiannya ditekan dengan kaki. Tapi memang umumnya rem parkir atau parking brake ini berada di konsol tengah, sehingga lebih dikenal dengan sebutan rem tangan.

Mekanisme rem tangan mobil ini sudah berevolusi seiring dengan perkembangan waktu dan teknologi. Jika dulu harus ditarik dengan tangan atau ditekan oleh kaki, tapi pada mobil modern sekarang ini rem parkir sudah elektrik. Di mana bentuknya tak lagi tuas, melainkan hanya sebuah tombol yang cara penggunaannya cukup ditekan satu jari saja.

Apapun bentuknya rem parkir ini, ternyata penggunaannya harus dipahami oleh Anda sebagai pemilik mobil. Seperti rem tangan ini tidak disarankan untuk diaktifkan ketika harus parkir dalam waktu lama. Apa alasannya, mengingat rem tangan ini kan fungsinya untuk menahan mobil saat parkir?

Alasannya adalah ketika dilakukan dalam waktu yang lama kemungkinan akan terjadi macet atau beku pada bagian sistem pengeremannya. Saat roda ban tidak bergerak karena parkir dalam waktu lama maka kampas rem akan menempel terus menerus pada bagian tromol atau piringan cakram. Memang rem tangan berfungsi hanya saat mobil parkir, tapi ketika rem tangan ini aktif dalam waktu yang lama bahkan sampai berbulan-bulan maka akan menimbulkan masalah seperti menjadi macet. Itu sebabnya banyak mobil yang setelah parkir lama akan mengalami rem tangan macet dan membuat mobil tidak bisa bergerak maju atau mundur ketika akan digunakan lagi.

BACA JUGA: 6 LANGKAH CARA MENGGANTI OLI MESIN SENDIRI DI RUMAH

Tidak hanya itu saja, saat Anda mencuci mobil pun harus perhatikan penggunaan rem tangan mobil ini. Jangan sampai setelah selesai mencuci mobil kemudian mobil dipindahkan ke tempat parkir lantas Anda langsung mengaktifkan rem parkir. Resikonya bisa saja pada besok pagi rem tersebut pun menjadi macet, karena saat rem parkir masih dalam kondisi basah karena dicuci dan langsung diaktifkan.

Cara mengatasinya yang paling mudah adalah dengan sedikit paksaan. Anda harus mencoba menjalankan mobil maju dan mundur dengan sedikit memaksa agar sistem rem kembali normal. Patut diingat juga jika perlakuan seperti ini terlalu sering maka akan ada akibat lain yang bisa timbul, terutama jika mobil telah lama dalam kondisi parkir yaitu sistem pengereman bisa terlepas. Anda pun tidak ada pilihan lain untuk memanggil montir atau bengkel langganan Anda untuk mengganti kampas rem.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengaktifkan rem parkir mobil dalam waktu lama, apalagi saat Anda pergi berlibur atau dinas ke luar kota. Jika mobil ditinggal cukup lama, Anda boleh mengganjalnya dengan balok kayu, batu atau tire stopper.

Untuk mobil bertransmisi otomatis bisa juga hanya masukkan tuas perseneling ke P maka roda akan mengunci. Untuk mobil manual bisa dimasukkan ke gigi 1, tapi harus ingat ketika menyalakan mobil selalu injak pedal kopling ya agar mobilnya tidak lompat ke depan.

ARTIKEL TERKAIT: