Skip to content

24/10/2019 News

KENALI FITUR PENGHEMAT BBM PADA MOBIL ANDA

Fitur-fitur pada mobil sekarang semakin canggih dan bertujuan untuk membuat proses berkendara jadi lebih nyaman dan efektif. Selain itu, keberadaannya juga dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi kendaraan. Efisiensi soal apa? Apalagi kalau bukan soal konsumsi BBM.

Jadi meski faktor pengemudi memegang peranan penting dalam konsumsi BBM, fitur-fitur di mobil juga dapat membantu menghemat konsumsi BBM. Apa sajakah fitur yang sudah umum diterapkan produsen mobil?

1. Drive by Wire

Teknologi Drive by Wire menjadi opsi yang ditawarkan kepada konsumen di mana motor servo pada sistem penggerak menggantikan peran kolom setir, pompa power steering, selang dan minyak rem, booster, hingga master rem. Motor itu bekerja dengan perintah komputer. ECU kemudian akan memasukkan data dari sensor yang terhubung dengan pedal gas. Dengan kepintarannya ini, pergerakan kendaraan lebih presisi dan tidak ada energi gerak terbuang sia-sia.

2. Eco indicator

Fitur ini bekerja untuk mendeteksi pengoperasian transmisi. Indikator ini biasanya ditandai dengan lampu hijau yang menyala di panel meter. Lampu inilah yang menjadi patokan Anda berkendara irit. Eco indicator akan menjalankan sistem ECU mesin dan Body Control Module (BCM) di mana ECU diperintah untuk menghemat sistem bahan bakar, seperti pengaturan suplai BBM, udara, dan proses perpindahan transmisi. Fitur ini bakal aktif saat putaran mesin berada di rentang 1.500-3.000 RPM. Artinya, putaran mesin tidak tinggi dan stabil. Lampu ECO juga bakal tetap hidup apabila pedal gas ditekan secara lembut (smooth). Jika lampu terus menyala, artinya Anda berhasil membuat konsumsi BBM lebih irit sekitar 4 persen.

BACA JUGA: TERTIB BERLALU LINTAS AGAR PERJALANAN AMAN DAN NYAMAN

3. Cruise control

Cruise control pada mobil juga dapat membantu meningkatkan efisiensi BBM, terutama jika sering berkendara di jalan tol yang kondisinya lengang. Fitur ini umumnya teraplikasi di lingkar kemudi agar mudah dijangkau oleh jari pengendara. Fungsi utamanya membebaskan pengemudi dari kegiatan menginjak pedal gas secara terus menerus.

Sebelum mengaktifkan cruise control, ada syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Pengemudi harus melajukan mobil pada kecepatan tertentu. Biasanya dapat berfungsi pada kecepatan 40 km/jam dan di jalanan bebas hambatan (jalan tol). Setelah aktif, pengemudi dapat melepas pedal gas dan kendaraan akan tetap melaju dengan mempertahankan kecepatan pada saat cruise control diaktifkan. Dengan fitur ini, penggunaan konsumsi bahan bakar semakin efisien karena putaran mesin stabil yang diatur oleh ECU mobil.

4. Fitur Auto Start-Stop

Fitur auto start-stop sudah banyak diaplikasikan oleh produsen mobil saat ini, juga di Indonesia. Fitur ini berfungsi meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar di saat mesin stasioner dalam jangka waktu tertentu.

Fitur ini kadang dikenal juga sebagai idle stop, cara kerjanya adalah dengan mematikan mesin ketika mobil berhenti sesaat. Saat berada di tengah kemacetan yang kerap menguras bahan bakar, komputer akan memerintahkan fitur ini untuk mematikan mesin. Teknologi ini dapat mereduksi konsumsi bahan bakar antara lima sampai dengan empat belas persen, dan artinya juga mereduksi emisi gas buang.

5. Mobil bertransmisi CVT

Kebanyakan mobil bertransmisi otomatis saat ini sudah mengaplikasi transmisi CVT (Continuously Variable Transmission). Diklaim untuk menunjang penghematan BBM, CVT menggunakan perangkat puli dan sabuk baja sebagai komponen utama pengggerak transmisi.

Pada mobil CVT, perubahan gigi menyesuaikan putaran mesin. Hasilnya perpindahan gigi menjadi sangat halus dan tak ada lagi gejala lag. Berkat transmisi ini, mesin tak perlu berputar di RPM tinggi untuk mendapatkan tenaga besar. Kinerja mesin jadi lebih ringan sehingga lebih hemat bahan bakar dibandingkan dengan transmisi otomatis konvensional.

Semua fitur-fitur yang ada di mobil seperti disebutkan di atas ini memang bertujuan untuk membantu pengemudi agar bisa lebih hemat BBM. Tapi bukan berarti dengan segala fitur ini lantas Anda bisa berkendara sesuka hati dan mobil tetap irit. Pastikan juga Anda mengikuti cara-cara berkendara yang hemat BBM.

 

ARTIKEL TERKAIT: