Skip to content

10/12/2020 News

KENALI ARTI SIMBOL E PADA PANEL INSTRUMEN PENUNJUK BAHAN BAKAR

Pemilik kendaraan seperti mobil maupun sepeda motor sepertinya masih banyak yang hanya tahu bagaimana mengendarai kendaraan seperti menekan pedal gas dan rem atau melakukan perpindahan tuas transmisi. Tapi masih banyak yang belum tahu apa saja huruf dan simbol-simbol yang ada pada panel instrumen di kendaraannya.

Sebagai pemilik dan pengguna kendaraan tentunya Anda harus mengetahui juga simbol-simbol yang tertera di mobil. Dari sekian banyak simbol, ternyata ada satu simbol yang kerap disalahartikan oleh pengemudi. Ya, simbol tersebut adalah huruf E yang muncul di layar instrumen.

Huruf E ini biasanya berdekatan dengan huruf F, hanya saja posisi huruf F ada di atas, sedangkan E di bawahnya. Adapun huruf E dan F ini berfungsi sebagai indikator seberapa banyak bahan bakar yang tersedia pada suatu mobil atau sepeda motor. Indikator inipun bentuknya bisa manual atau digital.

Lalu apa arti sebenarnya dari kedua huruf tersebut?

Untuk huruf F sendiri artinya sudah banyak diketahui yaitu Full atau penuh. Jika indikator masih menunjukan pada huruf F atau berdekatan dengan huruf tersebut berarti bahan bakar masih banyak tersedia di tangki BBM.

BACA JUGA:  GANTI BAN BARU DI MOBIL, PASANG DI DEPAN APA BELAKANG?

Sedangkan huruf E sendiri kerap disalahartikan, lantaran disebut Empty atau kosong. Padahal huruf E artinya Emergency atau darurat. Ketika jarum indikator bahan bakar menunjuk pada huruf E, maka bahan bakar belumlah habis secara menyeluruh. Sebaliknya, pengemudi diingatkan untuk segera mengisi kembali bahan bakar. Dengan catatan, indikator tidak diam dalam waktu lama, sebab kalau sudah terlalu lama itu artinya memang habis.

Biasanya ketika indikator bahan bakar menunjuk pada huruf E, maka tangki bahan bakar masih memiliki sisa cadangan BBM dengan jumlah yang terbatas, sekitar 10 persen. Namun begitu, sebaiknya Anda jangan sampai indikator bahan bakar menunjukan huruf E ketika melakukan perjalanan. Sebab, jika lupa mengisi bahan bakar, bukan tak mungkin kendaraan yang ditumpangi mogok di jalan. Tentu saja akan malas menunggu bantuan datang, apalagi harus mendorongnya.

 

ARTIKEL TERKAIT: