Skip to content

21/08/2019 News

KENALI ARTI HURUF DAN ANGKA DI MOBIL OTOMATIS

Anda sehari-hari menggunakan mobil bertransmisi otomatis? Pernahkah Anda bertanya apa arti huruf dan angka pada tuas mobil bertransmisi otomatis? Memang banyak yang hanya berpikir mobil matic ini menawarkan kemudahan. Pasalnya, mobil jenis ini tak lagi menggunakan pedal kopling, meski terdapat tuas transmisi di konsol tengah. Mayoritas pengemudi mobil matik ini pun hanya tahu arti huruf P, R, N, D yang lazim terdapat pada mobil otomatis secara dasar saja.

Huruf dan angka yang terdapat di mobil otomatis ini secara fungsi berbeda dengan tuas pada mobil manual. Masalahnya, banyak konsumen terutama mereka yang baru pertama kali mengendarainya belum memahami tugas-tugasnya.

 

BACA JUGA: PERLAKUAN MOBIL 1000 KM PERTAMA

 

Untuk itu, ada baiknya Anda memahami fungsi dari tuas perseneling mobil matik. Berikut penjelasannya:

 

  • P atau Parkir adalah posisi untuk kendaraan parkir. Pada posisi ini transmisi akan terkunci, sehingga mobil tidak bisa didorong. Posisi ini juga bisa dimanfaatkan ketika awal menghidupkan mesin dan melepaskan kunci kontak.
  • R atau Reverse, posisi untuk memundurkan kendaraan.
  • N atau Netral adalah di mana posisi gigi dalam keadaan netral, sementara hubungan mesin dengan roda dalam keadaan bebas.
  • D atau Drive, merupakan posisi untuk berjalan maju pada kondisi normal.
  • 2/S atau Second dapat digunakan ketika menghadapi kontur jalanan menikung disertai tanjakan seperti di wilayah pegunungan.
  • 1/L atau Low adalah posisi maju pada gigi paling rendah. Fitur ini kerap kali dipakai saat pengemudi menemui tanjakan curam.
  • Pada beberapa kendaraan, beberapa fitur bisa saja ada penambahan. Misalnya, M yang diperuntukan bagi pemilik yang ingin merasakan sensasi mengendarai mobil manual. Ada juga yang menawarkan huruf S dengan arti Anda bisa menggunakan mode “Sport” di mobil ini. Mobil dengan kelangkapan ini pun biasanya juga dilengkapi tuas +/- untuk melakukan perpindahan gigi transmisi.

ARTIKEL TERKAIT: