Skip to content

28/01/2021 News

INI CARA MEMBAWA SEPEDA YANG BENAR DI MOBIL

Bersepeda jadi salah satu kegiatan yang mengalami peningkatan sejak masa pandemi Covid-19 di awal tahun 2020. Ya, mengendarai sepeda kini tak hanya sekadar cara lain untuk berolahraga, tetapi sudah memasuki ke ranah hobi dan gaya hidup.

Ketika bepergian sekalipun, sejumlah orang kerap membawa sepeda. Tentu saja, mereka ingin gowes di berbagai tempat yang jarang mereka kunjungi dan menambah pengalaman baru. Tak heran, saat liburan bersama keluarga penggemar sepeda saat ini sering kali membawa si sepeda kemanapun.

Nah, jika Anda ingin membawa sepeda menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, sejatinya tak bisa asal bawa. Sebab, hal tersebut dikhawatirkan bisa mengganggu perjalanan dan jadi tidak aman. Untuk membawa sepeda memang sah-sah saja, hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pertama, cara paling aman membawa sepeda dengan mobil yaitu di dalam atau bagasi mobil. Memang tidak semua sepeda bisa masuk ke dalam kabin. Namun ada juga yang mudah dibawa seperti jenis sepeda lipat. Jika ingin membawa sepeda dengan jenis road bike, atau gunung, maka harus dicabut terlebih dahulu sepert bagian ban depan dan diatur kembali bagian joknya. 

 

BACA JUGA: MALAS CUCI KENDARAAN PASCA KEHUJANAN SIAP-SIAP TANGGUNG MASALAH INI

 

Selain itu, sebisa mungkin kursi bagian belakang wajib dilipat agar akses keluar masuk sepeda lebih mudah. Namun, perlu dicatat untuk memberikan rasa nyaman, sebaiknya menggunakan mobil dengan kabin lega, seperti MPV atau SUV.

Kedua, manfaatkan bike carrier atau gantungan sepeda. Sejatinya membawa sepeda di luar kabin harus ekstra waspada dan hati-hati, karena ada beberapa potensi terjadi insiden kecelakaan seperti terlepas, terbentur, tersangkut, bahkan kemungkinan dicuri.

Namun begitu, jika membawa sepeda di luar kabin sebaiknya menggunakan bike carrier. Mau tahu apa saja jenis bike carrier tersebut, berikut ulasannya.

  • Roof Mount, bike carrier yang dipasang di bagian atap mobil dan hanya bisa dipasang pada mobil yang sudah dilengkapi roof rack. Hanya saja dengan menggunakan Roof Mount akan lebih sulit ketika harus mengangkat sepeda ke atap mobil, tapi jadi lebih sulit untuk dicuri.
  • Towbar Mount, bike carrier yang bentuknya mirip dengan Roof Mountdan hanya bisa dipasang pada mobil yang memiliki perlengkapan towing. Bedanya dengan Roof Mount adalah pada tempat penyimpanan sepedanya berada di belakang mobil, dengan alas yang memanjang ke belakang.
  • Rear Mount, ini adalah bike carrier yang paling terjangkau harganya dan juga pemasangannya lebih mudah. Posisinya di belakang mobil seperti Towbar Mount namun tak perlu memasang perlengkapan towing, sebab tipe Rear Mount ini dapat langsung dipasang dengan cara dijepit pada pintu bagasi yang terletak di belakang mobil. 

Nah, itulah tips-tips yang bisa Anda lakukan ketika harus membawa sepeda dengan mobil.

ARTIKEL TERKAIT: