Skip to content

06/11/2019 News

INI ALASAN KENAPA PELUMAS MESIN HARUS PAS

Mengganti pelumas mesin adalah cara untuk merawat mobil tetap dalam kondisi prima, apalagi jika dilakukan secara rutin, sesuai waktu yang ditetapkan. Jika Anda memilih melakoninya sendirian, pastikan Anda melakukannya dengan benar. Salah satunya dengan memastikan volumenya, tidak boleh lebih atau pun kurang.

Apabila volume pelumas terlalu banyak, performa mesin mobil bakal menurun. Tarikan, terutama pada putaran tinggi, terasa berat padahal pedal gas sudah diinjak penuh. Yang terjadi di ruang mesin adalah pelumas yang berlebih tadi akan menghasilkan gelembung udara. Artinya ada unsur air di sana. Dengan oli yang tercampur air, maka kemampuan untuk melumasi komponen mesin jadi berkurang. Kinerja pompa oli dalam mendistribusikan pelumas ke jantung mekanis mobil juga terganggu.

Kelebihan pelumas juga bisa mengakibatkan terjadinya kebocoran. Hal ini biasanya ditandai dengan kerusakan seal, pelumas bakal rembes dan menetes keluar blok mesin. Volume pelumas yang lebih sedikit pun punya risiko lebih besar terhadap kerusakan mesin. Mesin jadi lebih cepat panas karena oli tak dapat melumasi material di mesin dengan maksimal sehingga menimbulkan keausan.

BACA JUGA: CARA MEMILIH OLI MESIN YANG TEPAT UNTUK MOBIL ANDA

Kerusakan mesin biasanya dapat dikenali dari suara mesin yang terdengar kasar akibat gesekan antar komponen. Suhu pelumas pun akan semakin panas dan menyebabkan oksidasi karena residu pembakaran dalam mesin tidak terurai dengan baik. Lama-kelamaan sludge (lumpur) akan terbentuk sehingga menyebabkan pengikisan pada permukaan logam. Akibat terburuknya adalah engine stop.

Apabila Anda melakukan pengisian oli sendiri, lihat patokan volume pelumas melalui dipstick. Sebaiknya tidak melebihi huruf F (full) atau biasanya juga ditandai dengan garis dua (Max), tapi juga tidak boleh sampai berada di level L (low) atau tanda garis satu (Min).

Segera tambahkan pelumas apabila level pelumas sudah berada di antara huruf L dan F hingga mendekati huruf F atau ke batas maksimum. Ingat, tidak boleh melebihi batas maksimum ya! Biasakan juga mengecek volume pelumas mesin setiap minggu secara berkala atau setelah melakukan perjalanan jauh.

 

ARTIKEL TERKAIT: