Skip to content

24/07/2019 News

INI AKIBATNYA KALAU TELAT GANTI OLI MESIN MOBIL

Oli memiliki peran vital bagi mesin. Untuk itu, kualitasnya harus baik agar performa mesin mobil tetap terjaga. Lebih baik lagi jika Anda selalu mengganti oli mesin secara rutin. Karena jika sampai telat akan banyak efek negative bagi mesin mobil itu sendiri.

Lalu, apa sih kira-kira yang terjadi jika pemilik mobil telat atau bahkan tidak mengganti oli mesin mobilnya?

1. Penurunan kualitas mesin

Pada dasarnya oli berfungsi membantu memaksimalkan kinerja mesin melalui pelumasannya. Namun, akan menjadi masalah jika oli jadi mengental yang berarti fungsi pelumasannya akan menurun.

Hal ini berdampak buruk kepada kinerja mesin dan membuat performanya menurun karena rendahnya kompresi. Selain itu suara mesin jadi kasar dan mobil akan sulit dinyalakan saat pertama kali distarter.

 

2. Boros bensin

Dengan pelumasan, gesekan antar komponen mesin akan berkurang dan halus. Artinya, performa mesin dapat meningkat. Sebaliknya, oli yang tak layak pakai membuat gesekan semakin kuat dan tarikan mesin lebih berat. Kondisi ini menyebabkan mesin memerlukan sumber tenaga tambahan yang lain yaitu bensin. Apabila, terus-menerus maka dipastikan konsumsi BBM (bahan bakar minyak) Anda lebih boros dari sebelumnya.

BACA JUGA: PERLAKUAN MOBIL 1000 KM PERTAMA

 

3. Overheating

Perlu diketahui bahwa overheating adalah gejala di mana terjadi kenaikan suhu pada mesin lantaran panas berlebih. Salah satu penyebabnya adalah karena oli yang sudah menurun tadi. Overheat terjadi karena salah satu tugas oli sebagai pendingin mesin mobil tak lagi bekerja dengan semestinya.

 

4. Kerusakan komponen mesin

Seperti disebutkan sebelumnya, oli yang tidak diganti akan mengental dalam jangka waktu tertentu. Jika didiamkan dalam waktu lama, maka akan terjadi penumpukan kerak.  Hal tersebut pun bakal berdampak pada komponen mesin seperti piston dan blok silinder. Singkat kata, Anda harus menggantinya dengan cara turun mesin.

ARTIKEL TERKAIT: