Skip to content

16/06/2020 News

GANTI BAN BARU DI MOBIL, PASANG DI DEPAN APA BELAKANG?

Ban memiliki peran sangat penting pada sebuah kendaraan. Tak hanya karet hitam yang melingkar, ban juga digunakan untuk menahan beban baik dari bobot kendaraan maupun penumpang dan pengendara.

Selain itu, ban juga berguna untuk memindahkan putaran menjadi gerakan maju, menjaga dan merubah arah kendaraan. Ban juga bisa menjadi faktor kenyamanan, karena ban dapat meredam getaran ketika melaju.

Meski ban yang diterapkan memiliki peran atau fungsi yang sama, namun ternyata jika terpaksa ada satu atau dua ban yang harus diganti, ada trik yang perlu Anda ketahui. Ya, jika melakukan penggantian ban baru, ternyata ban baru tersebut harus diterapkan pada ban bagian belakang. Kenapa ya?

Usut punya usut, alasan ban baru dipasang di bagian roda belakang, karena ban belakang jika mengalami masalah seperti selip atau pecah ban akan sulit dikendalikan. Sebaliknya, ban belakang membutuhkan traksi dan grip lebih baik.

BACA JUGA: PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN DI SELURUH SPBU TOTAL

Apalagi jika melesat di tikungan atau sedikit berbelok, maka terjadi mobil mudah terpelintir, sehingga ketika saat di tikungan bisa masuk ke jalur berlawanan.

Hal ini juga acap kali jadi penyebab oversteer dan pengemudi akan lebih sulit untuk mengontrol bagian belakang mobil ke posisi semula.

Sementara itu, jika ban mobil bermasalah pada bagian depan, maka resiko yang bisa terjadi adalah understeer atau mobil jadi tadi bisa dikendalikan. Namun begitu, resiko understeer masih dikoreksi si pengemudi.

Lalu apakah dengan posisi sistem penggerak roda depan atau belakang menjadi pengecualian cara penggantian ban?

Tentu tidak, pada dasarnya semua jenis penggerak baik roda depan maupun roda belakang, atau semua penggerak, maka ketika harus dilakukan penggantian ban, maka lakukanlah pada roda belakang terlebih dahulu.

Kesimpulannya, jika dana Anda terbatas untuk membeli empat ban mobil, maka disarankan membeli sepasang terlebih dahulu kanan dan kiri. Setelah itu, jika ban depan botak, maka tukar ban belakang ke depan, dan ban depan yang sudah gundul dibuang. Setelah itu ban belakang diganti dengan ban baru.

ARTIKEL TERKAIT: