Skip to content

21/08/2019 News

FITUR MOBIL YANG BERMANFAAT UNTUK PERJALANAN JAUH

Produsen mobil terus berlomba menawarkan fitur-fitur pendukung guna menjawab kebutuhan konsumen. Mengingat, para pemilik tak hanya menggunakannya untuk mobilitas harian. Melainkan juga memakai mobil untuk bepergian jarak jauh, misalnya ke luar kota. Kira-kira fitur-fitur di mobil yang seperti apa sih yang bermanfaat untuk perjalanan jauh?

Selain tentunya Anda harus mempersiapkan hal, utama yakni fisik dan kondisi mobil yang prima. Meski begitu, akan lebih baik jika kendaraan Anda itu sudah dilengkapi berbagai fitur penunjang berkendara. AC climate control dan perangkat hiburan tentu menjadi menu wajib. Selain itu, fitur lain seperti di bawah ini juga bisa Anda manfaatkan selama perjalanan.

 

BACA JUGA: MENCEGAH BAU TAK SEDAP DI KABIN MOBIL

 

1. Paddle shifter

Ini biasanya terdapat pada mobil-mobil bertransmisi otomatis. Keberadaannya bakal memudahkan pengemudi untuk merasakan down shift dan up shift hanya dengan menjentikan jari saja. Posisinya yag berada di balik kemudi juga sangat mudah dijangkau, tanpa harus memindahkan tangan dari setir.

 

2. Cruise control

Fitur ini berguna ketika Anda melaju di jalan tol yang cukup kosong. Dengan menekan tombol cruise control di kisaran kecepatan 40 km/jam, mobil dapat melaju sendiri tanpa pedal gas. Sebaliknya, injak kembali pedal gas atau rem untuk menonaktifkannya.

 

3. Hill start assist

Bisa dibayangkan jika Anda terjebak kemacetan di tanjakan. Pedal rem dan tuas rem tangan memegang peranan penting. Namun, kinerjanya akan sedikit berkurang dengan adanya hill start assist tadi. Fitur ini membuat mobil tidak akan langsung mundur walau pedal rem dilepas. Meskipun, kinerjanya hanya berlangsung beberapa detik, tapi waktunya cukup untuk pengemudi melakukan perpindahan posisi kaki kanan dari pedal rem ke gas.

 

4. TPMS (tire preassure monitoring system)

Mobil-mobil modern sekarang ini juga sudah banyak yang memiliki kelengkapan TPMS. Dengan begitu, pemilik mobil bakal akan mendapatkan informasi tepat soal tekanan angin di tiap ban. Sajiannya juga dilihat pada multi information display (MID dan berlokasi di area panel meter.

 

5. Ruang penyimpanan dan power outlet

Selain kabin dan bagasi, ruang penyimpanan atau kompartmen untuk menaruh barang-barang juga bisa Anda manfaatkan. Mulai dari cup holder hingga tempat penyimpanan di area doortrim hingga jok. Ditambah lagi, power outlet pun menjadi fitur wajib karena bisa dimanfaatkan untuk mengisi daya ulang baterai smartphone selama berwisata.

 

ARTIKEL TERKAIT: