Skip to content

16/05/2019 News

BERBUKA DI JALAN, PILIH MENU BERBUKA PUASA YANG PRAKTIS SEKALIGUS MENYEHATKAN

Kadang kala, kondisi jalanan ataupun padatnya aktivitas memaksa kita untuk membatalkan puasa dalam perjalanan sebelum mencapai tujuan. Setelah selama 14 jam tubuh tak mendapatkan asupan makanan dan minuman, tentu tubuh perlu ­recharge energi lagi. Namun karena masih di jalan, biasanya kita lebih suka memilih makanan yang praktis. Praktis bukan berarti tidak sehat lho. Berikut 5 jenis makanan yang praktis untuk berpuka puasa di jalan, namun tetap menyehatkan:

 

1. Kurma

Buah berwarna merah kecoklatan ini menjadi sangat populer di bulan Ramadan. Bukan hanya karena rasanya yang manis, kurma juga mengandung banyak zat positif bagi tubuh. Pertama, kurma memiliki jenis gula alami bernama fruktosa. Tubuh akan mengolah fruktosa dari kurma menjadi sumber energi dan memberikan stamina untuk tubuh.

Kurma juga kaya mineral, vitamin, serat, serta antioksidan yang baik untuk sistem pencernaan, fungsi otak, kesehatan tulang, juga membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas. Bahkan, kurma mampu mengendalikan kadar gula dalam darah berkat adanya indeks glikemiks rendah. Makanya, kurma disebut-sebut aman untuk penderita penyakit diabetes.

 

2. Madu

Madu dianggap lebih baik dibandingkan gula maupun pemanis buatan lain. Itu lantaran madu punya kalori yang tinggi serta kaya akan fruktosa, maltosa, sukrosa, dan glukosa. Makanya, madu sangat direkomendasikan untuk diminum karena bermanfaat memulihkan energi usai berpuasa.

Selain itu, madu mengandung banyak antioksidan tanpa lemak atau protein dan mampu meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Dengan mengkonsumsinya, maka tekanan darah akan tetap normal dan mencegah terjadinya peradangan.

 

3. Pisang

Buah satu ini bisa menjadi pilihan Anda, terutama jika sedang terjebak macet. Pisang akan membuat perut terasa kenyang karena mengandung banyak serat. Namun, terpenting adalah sebagian besar dari tubuh pisang memiliki gula (fruktosa, sukrosa, dan glukosa) yang tepat untuk menggantikan energi yang hilang.

Mengkonsumsi pisang ketika berbuka juga baik bagi pencernaan karena teksturnya yang lembut. Tak kalah penting, kandungan kalium pada pisang membantu tubuh untuk menurunkan tekanan darah.

 

 4. Ubi jalar

Karbohidrat bukan satu-satunya kandungan pada ubi jalar. Vitamin A dan C pada ubi jalar juga berperan memulihkan tubuh yang lelah setelah puasa. Walaupun rasanya manis, ubi jalar nyatanya dapat membantu memperlambat penyerapan gula, sehingga mencegah terjadinya peningkatan kadar gula darah.

Selain itu, antioksidan pada ubi jalar juga punya fungsi serupa seperti sayuran hijau atau brokoli. Tugasnya adalah mendukung kesehatan otak.

 

5. Apel

Apel juga dapat menjadi opsi untuk santapan awal berbuka puasa. Walau rendah kalori, buah ini dapat memberikan energi bagi tubuh karena kandungan vitamin dan mineral yang tinggi.

Vitamin B, air, kalium, dan zat besi pada apel berpengaruh baik terhadap fungsi jantung dan otot. Makanya, apel layak menjadi salah satu menu wajib Anda untuk berbuka nanti.

 

Nah, selamat mencoba! Jangan lupa, tetap jaga kewaspadaan dan keselamatan selama berkendara.