Skip to content

09/01/2020 News

BEGINI POSISI IDEAL SAAT RIDING NAIK MOTOR

Melakukan perjalanan dengan motor kesayangan, sepertinya sudah banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia sehari-hari. Mengingat sepeda motor merupakan alat transportasi yang popular di negara ini, apalagi sekarang ini juga banyak yang senang berkendara dengan motor bersama teman-teman dan komunitasnya. Hal ini tentu menyenangkan bagi mereka, apalagi bisa menjangkau lokasi baru yang belum pernah kita capai sebelumnya. 

Namun ada pula beberapa kendala yang kerap kali dihadapi saat seseorang berkendara dengan motor yaitu kelelahan. Apalagi jika Anda berkendara dengan motor lebih dari dua jam tanpa istirahat. Ternyata, salah satu penyebabnya adalah karena posisi berkendara yang tidak benar. Nah, agar terhindar dari situasi itu, ada baiknya Anda melakukan tips riding berikut ini: 

1. Posisi duduk

Hal pertama yang mesti dilakukan adalah menyesuaikan posisi duduk. Idealnya, bokong berada di antara ujung dan bagian tengah jok. Jangan duduk terlalu ke depan atau belakang, supaya riding position tetap ideal. Dengan begitu, pantat tidak akan mudah pegal.

2. Menjepit bagian motor

Perlakuan ini dianjurkan kepada pemilik motor jenis sport. Bagian paha sebaiknya menjepit tangki bensin. Selain mengurangi capek, posisi paha demikian juga memengaruhi kestabilan motor selama dikendarai.

 

BACA JUGA: TIPS MERAWAT KENDARAAN KESAYANGAN ANDA

 

3. Jaga punggung tetap lurus

Usahakan supaya punggung tetap tegak lurus, dengan begitu, Anda tidak mudah lelah. Sementara situasi menjadi sebaliknya saat tubuh membungkuk, Anda akan lebih cepat lelah. Bahayanya lagi, bisa terjadi perubahan terhadap struktur tulang punggung Anda jika dilakukan terus menerus. 

4. Hindari riding dengan tangan lurus

Tak sedikit pengendara yang melakukan kebiasaan ini. Padahal dengan tangan seperti itu, mereka jadi lebih cepat lelah. Selalu posisikan tangan dalam keadaan menekuk, dengan begitu tangan Anda seolah berfungsi seperti suspensi. Meredam guncangan dari motor, terutama saat melewati jalanan rusak. 

5. Posisi kaki 

Posisi kaki juga dapat menentukan tingkat kelelahan Anda. Bagi pengguna motor matik, sebaiknya letakkan kaki di dek dengan sempurna dan membentuk sudut. Namun, jangan lupa juga untuk tetap dalam keadaan siaga. Untuk pemilik motor bebek atau sport, kedua kaki Anda mesti sigap dalam melakukan pengereman maupun perpindahan gigi. 

Dengan melakukan hal-hal di atas, kelelahan Anda dapat berkurang. Namun sebelum itu, pastikan dulu motor dan tubuh Anda dalam keadaan yang prima. 

 

ARTIKEL TERKAIT: