Skip to content

14/12/2020 News

APA SAJA PERAWATAN MOBIL DENGAN JARAK TEMPUH 50 RIBU KM

Memiliki sebuah mobil wajib melakukan servis berkala setidaknya setiap odometer mencatat di angka 10.000 kilometer atau enam bulan sekali mana yang dicapai lebih dulu. Setidaknya itu yang direkomendasikan oleh pabrikan pada mobil modern sekarang ini.

Namun Anda harus tahu, jika mobil sudah menempuh jarak 50.000 km maka akan ada perlakuan yang berbeda dalam perawatannya dibandingkan seperti servis-servis sebelumnya. Tentu saja alasannya karena ketika jarak tempuh mobil cukup jauh, sudah pasti sang pemilik telah melakukan perjalanan panjang dengan melewati medan berbeda dan ekstrem, termasuk melalui jalur berlubang dengan kecepatan tinggi atau genangan air. Maka dari itu, akan ada part atau komponen mengalami penurunan kondisi.

Hal ini juga berlaku jika mobil hanya digunakan di dalam kota. Jika mobil sering terjebak macet, maka akan ada beberapa komponen yang mengalami aus. Termasuk mobil yang terlalu lama diam di garasi, juga akan mengalami masalah.

Nah, beberapa bagian mobil yang perlu dilakukan pemeriksaan jika jarak tempuh sudah mencapai 50.000 km antara lain pada bagian mesin, suspensi, rem, dan kemudi. Adapun untuk komponen wajib melakukan penggantian pada mobil dengan jarak tempuh 50.000 km, sudah pasti seperti oli mesin, filter oli, busi, dan oil plug.

BACA JUGA: 6 LANGKAH CARA MENGGANTI OLI MESIN SENDIRI DI RUMAH

Komponen lain yang harus dilakukan pemeriksaan seperti saringan udara, radiator coolant, engine cleaner, rem depan dan belakang, minyak rem, rotasi ban, tie rods, gear box, steering dan boots, serta boots driveshaft.

Pemeriksaan juga dilakukan pada baterai atau aki, klakson dan lampu-lampu (headlamp, lampu sein, lampu rem, lampu mundur, lampu kecil, dan lain-lain), karet wiper dan washer, AC, power window dan kaca spion, jarak main rem parkir, jarak main pedal rem atau kopling, power door lock, baterai, selang dan minyak power steering, serta belt.

Selain ada komponen yang wajib diganti, tentu saja bila diindikasikan tidak layak pakai atau waktunya diganti maka hal tersebut perlu ditangani langsung tanpa perlu menunggu rusak. Dengan begitu, diharapkan mampu mengurangi kemungkinan bermasalah di kemudian hari.

Pastikan jika service 50.000 km maka dilakukan di bengkel terpercaya, dan pastikan juga Anda meminta komponen yang diganti saat servis berkala dengan suku cadang orisinil sehingga dapat mempertahankan performa mobil dengan baik.

 

ARTIKEL TERKAIT: