Skip to content

11/05/2020 News

APA FUNGSI DAN PENTINGNYA MENGATUR HEADREST JOK MOBIL?

Headrest pada jok mobil sejatinya berfungsi meningkatkan kenyamanan selama berkendara. Namun, tak banyak pemilik mobil mengetahui, bagaimana cara ideal untuk mengaturnya. Hal ini penting, mengingat penyetelan juga bertujuan melindungi pengemudi saat terjadi tabrakan.

Pengendara umumnya hanya fokus pada aktivitas menyesuaikan posisi setir dan jok saja. Padahal, seharusnya diikuti pula dengan mengatur ketinggian headrest. Pasalnya, perangkat ini tak hanya berfungsi menyangga kepala dari rasa pegal semata. Melainkan ditujukan menahan kepala jikalau muncul gaya dorong, akibat benturan atau dorongan.

Oleh karena itu, peran sandaran kepala sangat vital dalam menjaga organ tubuh khususnya tulang leher. Makanya perlu dilakukan penyetelan sebagai langkah menghindari resiko cedera. Cara menyetelnya pun terbilang mudah, atur ketinggian bagian tengah headrest sejajar dengan telinga atas. Jika ingin lebih mudah, pastikan bagian atas headrest selevel ujung kepala.

BACA JUGA: KENALI ARTI HURUF DAN ANGKA DI MOBIL OTOMATIS

Dengan begitu, leher terjaga dari tekanan berlebih kala adanya tabrakan. Sebaliknya, jangan membuat posisinya lebih rendah dari kuping karena bisa menyebabkan cedera leher atau whiplash. Efek yang ditimbulkan sama parahnya, baik ketika adanya tumbukan dari depan maupun belakang.

Terlebih bila Anda memutuskan untuk menanggalkan headrest. Ketika mengalami tabrakan parah, dampaknya lebih berbahaya lagi. Bukan cuma leher, pengemudi juga bisa mengalami gegar otak, cacat seumur hidup hingga kematian. Ini juga berlaku untuk penumpang, jadi jangan pernah sepelekan keberadaan headrest. Selain itu, tidak disarankan juga menggunakan bantal leher. Item itu bisa saja memberikan dampak yang lebih berbahaya lagi bagi leher Anda.

ARTIKEL TERKAIT: