Skip to content

28/04/2020 News

5 LANGKAH BIKIN MOBIL KINCLONG LAGI

Sebuah pepatah mengatakan, Don't judge a book by its cover, yang artinya dalam bahasa Indonesia yaitu jangan menilai buku dari sampulnya.

Mungkin istilah tersebut memang benar adanya agar kita tak boleh hanya melihat dari luarnya saja. Akan tetapi, di dunia otomotif tampilan luar juga perlu diperhatikan lho, karena tampilan mobil bisa dinilai dari kondisi eksteriornya dan bisa mencerminkan pribadi pemiliknya.

Ya, bagian luar atau eksterior mobil memang sering kali berubah warna alias jadi kusam setelah beberapa tahun pemakaian. Padahal mobil yang terlihat kinclong tak hanya akan lebih menarik, tetapi jika dijual kembali, harganya tak akan terlalu merosot tajam.

Oleh karena itu, sebaiknya pemilik mobil tak hanya merawat pada bagian mesin saja, tetapi sisi luar pun perlu diperhatikan.

Adapun agar cat mobil tetap terawat dan bisa kembali mengkilap seperti baru, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

1. Rajin mencuci mobil dengan baik dan benar

Salah satu cara merawat mobil adalah tak hanya sekadar rajin tetapi juga perlu dilakukan dengan baik dan benar. Setidaknya, mencuci mobil perlu menggunakan sabun dan sampo khusus dengan tingkat PH mendekati 7.

Namun sebelum menggunakan sabun atau shampo khusus, pastikan semprot air ke arah bodi secara menyeluruh.

Selain itu, ketika mencuci hindari dari paparan sinar matahari langsung. Jika tidak, sabun dan shampo akan cepat mengering sebelum sempat dibersihkan sehingga menimbulkan bercak.

2. Berikan poles dan waxing

Setelah mencuci, maka Anda dapat melakukan poles dan juga waxing. Memoles mobil perlu dilakukan agar menghilangkan warna kusam. Sedangkan waxing dilakukan agar melindungi cat mobil.

Tapi perlu dicatat, ketika melakukan poles dan waxing, usahakan menggosoknya dengan cara memutar dengan menggunakan spon khusus.

BACA JUGA: LIMA ALASAN KENAPA MOBIL TIDAK BOLEH DIAM TERLALU LAMA

3. Hindari dari paparan sinar matahari

Setelah bodi mobil terlihat bersih mengkilap, sebaiknya hindari mobil dari sinar matahari. Artinya, mobil yang terkena pancaran sinar matahari langsung akan berpotensi kusam kembali.

Maka dari itu, simpan mobil di tempat yang teduh, atau terhalang sinar matahari langsung.

4. Tutup dengan sarung mobil

Agar lebih maksimal dalam perawatan bodi mobil, pastikan ketika diparkir di garasi atau tempat lainnya, maka tutup dengan menggunakan sarung mobil. Meski diparkir di garasi yang tertutup, debu atau kotoran tetap berpotensi menempel di bagian bodi.

5. Cuci mobil setelah hujan dan jangan tutup mobil ketika basah

Apabila terkena hujan segera cuci mobil. Jangan biarkan air hujan mengering di bodi mobil karena air hujan mengandung zat asam dan kotoran yang dapat merusak bodi mobil. 

ARTIKEL TERKAIT: