Skip to content

09/01/2020 News

5 DESTINASI ROAD TRIP INI BISA DITEMPUH KURANG DARI 5 JAM

Jelang akhir tahun, tol layang Jakarta-Cikampek (Japek) II memberi angin segar bagi pemilik mobil. Bahkan pihak Jasa Marga menyebut, jalan bebas hambatan ini sudah bisa dilewati saat libur Natal dan Tahun Baru 2019. Asyiknya lagi, selama libur akhir tahun ini, jalan tol layang ini masih digratiskan,  tentu menjadi berita baik bagi Anda yang sudah merencanakan bepergian bersama keluarga. 

Keberadaannya jelas membuat waktu tempuh lebih singkat, artinya semakin banyak pula destinasi yang bisa Anda jangkau. Jika pun belum, cobalah untuk menyambangi lokasi wisata berikut ini, karena durasi perjalanan menuju ke wilayah ini dapat ditempuh paling lama dalam waktu 5 jam saja. 

1. Purwakarta

Tol Layang Japek ini bakal membentang dari Jatiasih hingga Sadang. Berbagai opsi tempat liburan juga tersedia di sini, khususnya wilayah Purwakarta. Jika dihitung dari Tol Cikunir 4 – Tol Cipularang lalu keluar di Jl Raya Sadang (Subang), jarak tempuhnya kurang lebih 1 jam 30 menit. Salah satu destinasi yang bisa Anda pilih adalah Wisata Kampoeng Sadang. Letaknya tak begitu jauh dari pusat kota Purwakarta. Sekitar 7 menit atau 2,1 km untuk menuju lokasi yang terletak di bilangan Mulyamekar, Babakan Cikao. 

Fasilitas yang ditawarkan juga cukup akomodatif untuk keluarga. Mulai dari sarana bermain anak, permainan alam hingga penginapan. Jika ingin menikmati kota Purwakarta di malam hari, cobalah untuk mampir ke Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud. Di sana mata Anda akan dimanjakan oleh tarian air mancur yang berpaduk apik dengan sinaran lampu sorot. Selain itu, ada lagi pula tempat wisata air lain. Mulai dari Jatiluhur Waterworld, Giri Tirta Kahuripan atau Sumber Air Panas Ciracas. Dengan memanfaatkan tol layang tadi, menjangkau tempat-tempat di atas tentu bisa lebih cepat. 

 

BACA JUGA: CARA MEMILIH OLI MESIN YANG TEPAT UNTUK MOBIL ANDA

 

2. Bandung Barat

Ada opsi juga kalau memutuskan untuk keluar di Sadang. Anda bisa mengarahkan mobil menyusuri wilayah Bandung Barat. Nyatanya di sini juga banyak sekali tempat wisata yang menyenangkan untuk disambangi, banyak sekali lokasi wisata yang instagramable. Wisata alam, seperti pegunungan teh terhampar di wilayah ini, begitu pula air terjun maupun wisata air panas. Tempat menginap dengan sajian glamping juga banyak. Sebut saja Glamping Legok Kondang Lodge, yang bisa Anda capai dari jalan utama Sadang kurang dari 2 jam. Dengan jarak tempuh 93 km, perjalanan Anda bersama keluarga bakal menyenangkan, karena berlatar hutan yang sejuk. Tak cocok dengan suasana di sana, silahkan arahkan kemudi ke Wisata di Glamping Lakeside. Lokasinya Cuma berjarak 15 km saja atau dapat ditempuh dalam 44 menit saja.  

3. Cirebon

Tol Layang Japek II juga menjadi penghubung untuk melintasi Tol Trans Jawa, ini berarti Cirebon bisa Anda bidik jadi lokasi pelesiran. Selain kemampuan menjangkaunya lebih cepat, di Kota Udang ini juga terdapat beberapa lokasi wisata. Kawasan Batik Trusmi bisa jadi tujuan awal saat datang, apalagi lokasinya juga tak terlalu jauh setelah keluar tol. Jarak dari Tol Cikunir 4 ke lokasi adalah 191 km, atau 2 jam 43 menit.

Jika itu belum cukup, coba arahkan kemudi Anda ke Cirebon Waterland Taman Ade Irma Suryani, yang  berada di tepi pantai utara Cirebon. Selain wahana permainan air, di sana juga terdapat cottage untuk menginap dengan fasilitas sea view. Perjalanan bisa menyusuri Jl Pilang Raya atau Jl Raya Cirebon - Bandung dengan waktu yang dibutuhkan hanya berkisar 25 km atau kurang dari 10 km. 

Apabila ingin mencari suasana berbeda selain pantai, Anda dapat memilih beberapa lokasi yang terletak diantara jalur utama Cirebon dan Kuningan, salah satunya adalah ke Bukit Gronggong. Cara menikmatinya paling asyik adalah saat sore dan malam hari. Di sini Anda bisa melihat kerlipan lampu-lampu kota Cirebon dari atas bukit. Dari kawasan tadi, Anda dapat menempuhnya sekitar 25 menit perjalanan saja. 

Kalau merasa masih banyak waktu, tak ada salahnya mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Cirebon. Mulai dari Keraton Kasepuhan Cirebon, yang tak jauh dari Cirebon Waterland. Kemudian Keraton Kanoman Cirebon, Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Makam Sunan Gunung Jati hingga Taman Sari Gua Sunyaragi. Posisi tempat wisata religi dan sejarah ini juga tak jauh dari pusat kota Cirebon.  

4. Tegal

Kota berikutnya yang juga tak kalah menarik adalah Tegal, di sini Anda bisa menemukan cukup banyak tempat wisata. Mulai dari wahana permainan air, wisata alam, budaya, kuliner hingga prasejarah. Apabila menghitungnya dari Tol Cikunir 4 hingga exit tol Brebes, jarak perjalanan mencapai 272 km atau ditempuh dalam 3 jam 47 menit. Tak ada salahnya datang ke sini, apalagi buat Anda pemburu kuliner.  Daerah bernama Pokanjari (Pondok Makan Jalan Teri) bisa dijadikan tujuan awal, ini adalah salah satu sentra kuliner khas Tegal. Mulai dari Sauto Tegal, Nasi Grombyang, Kupat Glabed, Kupat Blengong dan lain-lain. Paling menarik, harganya sangat bersahabat. Tak perlu bingung, cukup arahkan mobil Anda ke arah Alun-Alun Kota Tegal, posisinya tak jauh dari situ. Dari keluar tol Brebes, Anda cukup berkendara selama 20 menit saja.  

Wisata sejarah Manusia Purba Semedo pun dapat menjadi tujuan. Sembari liburan, tak ada salahnya menambah pengetahuan dengan mengunjungi situs di Desa Semedo, Kedung Banteng ini. Di tempat ini terdapat aneka fosil dan peninggalan manusia purba yang dulu kala mendiami wilayah Tegal. Bahkan di situ pula ada banyak artefak prasejarah, termasuk fosil Homo Erectus berikut peralatan yang dulu dipakainya, seperti kapak penetal, serpih sampai serut. Dan, tentunya pula di kawasan itu juga terdapat makam Mbah Semedo, salah satu tokoh bersejarah bagi masyarakat Tegal. Penasaran? Langsung kendarai mobil Anda dari Alun-Alun Tegal ke lokasi di Jl Semedo, jaraknya 27,6 km dengan waktu tempuh sekitar 44 menit. 

5. Semarang

Kota Lumpia ini mungkin jadi destinasi terjauh. Dengan arus lalu lintas normal plus melalui Tol Layang Japek II, mungkin waktu tempuh paling lama adalah 5 jam. Sekarang saja jika berpatokan dari Tol Cikunir 4, waktunya sekitar 5 jam 30 menit. Dengan adanya tol ini maka perjalanan Anda tentu jadi lebih singkat. Tapi juga perjalanan Anda juga tak akan sia-sia, karena di wilayah ini juga terdapat beragam lokasi wisata. Sebut saja Masjid Agung Jawa Tengah, cukup keluar tol Semarang–Batang dan melintasi Jl Siliwangi maka waktu ke lokasi tak sampai 25 menit. 

Begitu pula jika ingin menayambangi Masjid Kauman Semarang. Dari Masjid Agung, cuma butuh waktu 15 menit saja atau jarak tempuh 5,3 km. Wisata Lawang Sewu juga tak boleh dilewatkan, terlebih lokasinya terletak di pusat kota Semarang. Dari situ Anda bisa beranjak ke Klenteng Sam Po Kong yang  berjarak 2,3 km saja. Lalu cobalah untuk mendatangi Pagoda Avalokitesvara yang bertempat di bilangan Jl Perintis Kemerdekaan menuju ke arah Ungaran. Berkendara ke sini dari Sam Po Kong, hanya 25 menit. 

Tapi, jika Anda hanya ingin menghabiskan liburan di pusat kota, beberapa destinasi seperti Old City 3D Trick Art Museum, wisata permainan air semisal Wonderia Semarang atau Jungle Toon Waterpark, juga bisa dijadikan destinasi. Lokasinya tak jauh dan pastinya menjadi tempat yang tepat untuk memanjakan si buah hati. 

Sama halnya bagi para pemburu wisata kuliner, Semarang dikenal memiliki makanan yang lezat. Beberapa tempat juga bisa Anda datangi selama di sini, termasuk Toko Oen Semarang. Dari Lawang Sewu, jaraknya tak kurang dari 5 menit berkendara. Tempat ini memiliki arsitektur peninggalan Belanda yang berlokasi di Jl Pemuda no 52. Beberapa sajian khas Eropa bisa ditemukan. Seperti uitsmijter, kaasstengels, huzarensalade dan masih banyak lagi. 

Nah, kalau mau menikmati makanan tradisional, jangan lupa menyantap Soto Bangkong Semarang, Nasi Koyor hingga camilan legendaris seperti sajian di Kedai Es Puter Cong Lik. Tokonya bisa Anda temui di bilangan Jl Ahmad Dahlan, dari Toko Oen hanya butuh 6 menit saja menuju ke tempat ini. 

Semoga referensi ini bisa membuat libur Natal dan Tahun Baru Anda menyenangkan. Sebagai tips tambahan, jangan lupa lakukan servis sebelum mobil diajak melakoni perjalanan jauh. Dan, jangan lupa untuk menyiapkan uang digital Anda untuk bertransaksi di pintu tol. Selamat berlibur!  

 

ARTIKEL TERKAIT: