Skip to content

15/05/2020 News

TIPS MENGGUNAKAN MASKER SECARA BENAR AGAR EFEKTIF MENANGKAL VIRUS

Saat ini semua orang diharuskan untuk menggunakan masker jika sedang keluar rumah. Meskipun sebaiknya semua dihimbau untuk tetap #dirumahaja, kondisi tertentu bisa jadi membuat kita harus keluar rumah. Selalu gunakan masker untuk melindungi Anda dari penularan virus pada saat keluar rumah.

Namun ternyata masih banyak orang yang menggunakan masker dengan salah. Untuk itu, perhatikan cara penggunaan masker yang benar, misalnya masker yang dibiarkan tergantung di bawah dagu atau di kening di mana kuman bisa menempel dan berpindah ke masker dan malah akan terhirup saat bernafas.

Berikut ini langkah-langkah cara menggunakan masker yang tepat.

 

1. Sebelum memegang tali masker, pastikan tangan Anda sudah dicuci bersih, sebaiknya dengan sabun, dan bebas dari kuman. Bukan hanya telapak tangan yang dibersihkan tetapi juga sela-sela jari dan punggung tangan.

 

2. Masker sekali pakai memiliki dua sisi dengan warna yang berbeda. Bagian dalam masker yang menempel ke hidung dan mulut, berwarna putih. Bagian luar biasanya berwarna hijau atau biru dan bertekstur lebih kasar. Jangan terbalik ya! Pastikan juga bagian atas bawahnya benar, di mana bagian atas ada kawat, sedangkan bagian bawah tidak ada.

 

BACA JUGA: PERLUKAH MOBIL DAN MOTOR DISEMPROT CAIRAN DISINFEKTAN?

 

3. Saat memakai masker, Anda harus menarik bagian kawat hingga ke atas hidung, lalu tekan bagian berkawat hingga menempel dan mengikuti bentuk hidung. Pastikan tidak ada celah yang longgar di bagian atas sehingga meminimalkan partikel kecil masuk ke hidung dan mulut. Untuk bagian bawah, tarik hingga ke bawah dagu, sehingga bagian wajah mulai dari hidung sampai dengan dagu tertutup oleh masker.

 

4. Jangan terlalu sering buka-tutup masker, apalagi hanya sekedar membuka masker. Untuk mengganti masker, lepaskan ikatan atau bagian tali dan pastikan bagian luar masker tidak mengenai hidung atau mulut Anda. Cuci tangan lagi sebelum Anda menggunakan masker Kembali.

 

5. Masker sekali pakai sebaiknya langsung dimasukkan ke dalam kantong plastik kemudian buang ke tempat sampah. Penggunaan kantong plastik untuk mencegah kuman dan bakteri yang menempel di masker agar tidak menyebar.

 

Cara menggunakan masker ini juga bisa diterapkan pada pemakaian masker kain karena masker kain ini juga bisa dijadikan pilihan lain untuk melindungi Anda dari paparan virus.

 

ARTIKEL TERKAIT: