Skip to content

27/02/2018 News

BAGAIMANA CARA MENGGANTI PELUMAS PADA MOBIL?

Sebelum kami menjelaskan mengenai bagaimana mengganti pelumas, kami ingin mengingatkan bahwa mengecek pelumas berdasarkan warnanya tidak akan memberikan anda informasi apapun mengenai performa, kualitas, dan apakah pelumas tersebut perlu diganti atau tidak. Satu-satunya yang dapat mengindikasikan kondisi dari pelumas pada mobil adalah bau pelumas tersebut.

Untuk mengganti pelumas, anda akan membutuhkan sebotol pelumas baru, filter pelumas, sarung tangan plastik — untuk memastikan tangan anda bersih selama proses penggantian pelumas, kunci inggris, senter, pan, dan koran.

Seberapa banyak pelumas yang dibutukan untuk mengganti pelumas?
Jumlah pelumas yang dibutukan untuk penggantian pelumas sangat bergantung pada kapasitas mesin mobil anda. Untuk mobil pribadi, biasanya diperlukan sekitar 4 liter pelumas baru.

Untuk mengganti pelumas, ikutilah langkah-langkah di bawah ini:

  1. Parkir mobil di permukaan datar dan pastikan rem tangan terpasang.
  2. Angkat mobil menggunakan dongkrak — ikuti instruksi keselamatan pada manual.
  3. Nyalakan mesin selama 2 atau 3 menit untuk menghangatkan pelumas — ini  dapat membantu pelumas untuk mengalir keluar dengan lebih mudah dan membersihkan partikel debu. Kemudian matikan mesin.
  4. Lepaskan tutup tangki pelumas agar pelumas mengalir keluar dengan mudah. Di sinilah tempat Anda akan menambahkan pelumas baru setelah pelumas lama dikeluarkan.
  5. Cari pan pelumas — pan pelumas adalah sebuah metal rata yang berlokasi di bagian bawah mobil, lebih dekat dengan mesin daripada transmisi, dan memiliki baut atau steker yang mengarah ke bawah. Jika anda tidak dapat membedakan antara pan pelumas dan pan transmisi, nyalakan mesin selama 5 atau 10 menit — steker pelumas seharusnya menjadi hangat, sedangkan transmisi tidak.
  6. Lepaskan baut pada steker untuk mengeluarkan pelumas dari pan.
  7. Lepaskan steker pelumas dengan kunci inggris — penggunaan kunci inggris yang tidak sesuai dengan steker pelumas akan merusak steker. Berhati-hatilah agar steker tidak jatuh ke pelumas. Anda juga perlu mengganti filter pelumas apabila diperlukan – filter pelumas yang masih dalam kondisi baik dapat digunakan kembali. 
  8. Tunggu sekitar 20 menit untuk memastikan seluruh pelumas keluar dari mobil. Saat pelumas telah berhenti keluar dari tangki, pasang steker dan filter pelumas.
  9. Bagaimana cara mengganti filter pelumas?

Kapan filter oli harus diganti? 
Waktu yang tepat untuk mengganti filter oli bergantung pada kondisi mobil dan kebiasaan menyetir anda. Kami merekomendasi anda untuk mengganti penyaring oli anda setiap kali melakukan penggantian oli — hal ini dikarenakan biasanya akan ada oli dan partikel yang tersisa pada filter saat oli dikeluarkan. Jangan pernah mencoba menekan biaya pengeluaran dengan menggunakan filter oli murah karena tidak akan bertahan lama, walaupun anda menggunakan oli sintetik yang mahal. Selalu gunakan filter oli berkualitas. 

Bagaimana cara mengganti filter oli?

  1. Cari filter oli — filter oli berbentuk silinder dengan diameter sekitar 8 hingga 10 cm, dan berwarna biru atau hitam atau putih. Filter oli berada pada sisi yang sama dengan mesin, dekat dengan pan oli. Namun, pada kendaraan baru biasanya filter oli terdapat di bawah kap. Untuk mempermudah pekerjaan, kami menyarankan agar Anda menggunakan kunci inggris untuk filter oli.
  2. Lepaskan filter oli yang lama.
  3. Walaupun anda telah mengeluarkan oli, filter oli yang lama mungkin masih mengandung oli panas. Posisikan oli di bawah penyaring lama, kemudian berhati-hatilah dalam menggunakan kunci inggris untuk melepaskan penyaring lama
  4. Gunakan lap untuk membersihkan permukaan mesin, dan pastikan karet dari filter lama tidak terjebak pada mesin.
  5. Lumasi filter baru dan karetnya dengan sedikit oli agar sedikit lembab —hal ini membantu untuk memberikan segel yang lebih baik, dan pasang kembali karetnya ke tempat filter oli dengan menggunakan tangan.
  6. Tuangkan oli baru dan kemudian cek ketinggian oli.

Sekarang, anda sudah menguasai cara mengganti oli!