Skip to content

04/12/2017 News

10 TIPS UNTUK KONSUMSI BAHAR BAKAR YANG LEBIH EFISIEN

Seberapa sering anda mengisi bensin? Seminggu sekali? Dua kali seminggu? Atau anda menggunakan kendaraan umum pada akhir bulan karena anda tidak memiliki cukup uang untuk mengisi bensin mobil anda? Kami mengerti kecemasan anda, karena itu kami akan membagikan 10 tips sederhana untuk membantu anda menghemat uang untuk bensin:

  1. Jangan injak pedal gas saat anda menyalakan mobil

    Teknologi saat ini memungkinkan kita untuk menyalakan mobil tanpa harus menginjak gas. Jadi jauhkanlah kaki anda dari pedal gas! Jika anda menyalakan mobil diesel, tunggu beberapa detik sebelum memasukkan gigi.

  2. Selalu memulai pada gigi satu

    Anda harus selalu menjalankan mobil mulai dari gigi satu. Setelah mobil anda memiliki kecepatan yang cukup, anda dapat menaikkan menjadi gigi dua.

  3. Ganti gigi pada waktu yang tepat

    Jangan pernah malas untuk mengganti gigi! Konsumsi bensin selalu lebih efisien di gigi tinggi, jadi gunakanlah gigi tinggi bila memungkinkan. Anda dapat mengganti gigi menjadi gigi tiga saat mobil mencapai 30 km/jam, gigi empat saat mobil mencapai 40 km/jam, gigi lima saat anda mencapai 50 km/jam, dan enam—jika ada, pada kecepatan 60 km/jam.

  4. Injak pedal gas secukupnya

    Konsumsi bensin akan meningkat seiring dengan semakin dalam anda menginjak gas. Kami menyarankan anda untuk hanya menginjak pedal gas hingga tiga perempat saja.

  5. Gunakan cruise control hanya jika kondisi memungkinkan

    Jika mobil anda memiliki fitur cruise control, gunakan hanya pada kondisi yang tepat. Jangan pernah gunakan jika anda berkendara di dalam kota dan wilayah yang memiliki banyak tanjakan dan turunan, hal ini dapat berbahaya jika anda tidak memperhatikan jalan. Penggunaan fitur ini juga dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar yang lebih boros.

  6. Jangan terlalu sering menginjak gas dan rem secara bergantian

    Menginjak rem dan gas terus menerus secara bergantian dapat meningkatkan konsumsi bensin. Untuk meningkatkan efisiensi, anda harus mempertahankan kecepatan yang sama. Jika anda terjebak di kemacetan, anda dapat menjaga jarak dengan kendaraan di depan anda untuk menjaga kecepatan.

  7. Tingkatkan kecepatan mobil dengan halus

    Jika mobil anda berhenti dan anda menginjak gas anda dengan cepat agar kecepatan mobil meningkat secara drastis, anda akan membakar lebih banyak bensin dan membuat ban anda cepat aus. Namun, jika anda menginjak pedal gas secara perlahan, mobil anda hanya akan membakar bensin hingga mencapai kecepatan luncur.

  8. Perhatikan jalan

    Jika anda memberikan perhatian lebih ke jalan, anda akan sadar apa yang terjadi di sekitar kendaraan anda. Hal ini membantu anda untuk menspekulasikan aksi-aksi dan menghindari percepatan dan pengereman setiap saat—yang hanya akan membuang-buang bensin dan membuat rem aus. Menjaga jarak sekitar satu hingga dua mobil antara kendaraan anda dengan kendaraan di depan merupakan cara terbaik.

  9. Rem secara sedikit demi sedikit

    Jika anda harus memperlambat mobil atau berhenti, lakukanlah secara berlahan dan bertahap. Biarkan mobil anda meluncur kemudian rem secara berlahan dan turunkan gigi.

  10. Matikan mesin jika mobil akan berhenti lebih dari semenit

    Mesin anda akan mengonsumsi bensin sebesar 0,5 hingga 0,7 liter setiap jamnya, hal ini sangat mengonsumsi bensin. Untuk menghemat bensin, anda dapat mematikan mesin jika mobil anda akan berhenti lebih dari satu menit. Contohnya jika anda terjebak macet, matikan ignisi untuk menghindari kerusakan starter.