Skip to content

01/06/2018 News

PERSIAPKAN KENDARAAN ANDA DENGAN BAIK SEBELUM PERGI MUDIK

Sudahkah Anda merawat kendaraan Anda sebelum mudik? Yuk, jadi #totalpositif karena jika Anda sudah melakukan pengecekan terhadap kendaraan maka Anda dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Paling tidak Anda tidak menyusahkan penumpang dan juga pengguna jalan lainnya.

Di musim mudik ini sudah menjadi rutinitas warga Ibukota dan kota-kota besar lainnya untuk melakukan perjalanan jauh untuk kembali ke kampung halaman. Nah, jika Anda berencana untuk menggunakan kendaraan pribadi, ada baiknya mempersiapkan kendaraan Anda dengan baik sebelum menempuh perjalanan jauh ini.  

Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum pergi jauh ini? Pertama tentunya melakukan servis rutin atau servis berkala pada kendaraan Anda. Yang perlu diganti biasanya meliputi cairan-cairan pada mobil, seperti pelumas mesin, minyak rem, dan juga air radiator.

Pada pelumas mesin, pemeriksaan ini penting karena fungsi pelumas mengurangi gesekan antar komponen. Cek jika volume pelumas berkurang agar segera dilakukan penambahan. Periksa juga kelistrikan dan air aki. Pemeriksaan dilakukan dengan melihat apakah ada kebocoran arus yang membuat aki tidak bisa menyimpan tenaga listrik dalam waktu lama. Air aki yang kurang juga dapat merusak komponen lain di kendaraan.

Kemudian periksa kondisi air radiator, pengecekan ini penting untuk melihat sistem pendinginan mesin. Jangan sampai air radiator kurang karena dapat menyebabkan overheat. Yang ada nanti malah Anda harus menyusahkan orang lain kalau mobil sampai mogok dan menghalangi jalan.

Pemeriksaan volume minyak rem dan minyak kopling ini tidak kalah penting. Rem merupakan perangkat vital selama perjalanan. Pemeriksaan melihat apakah minyak mengalami kebocoran atau tidak. Selain itu Anda juga harus memeriksa kondisi kampas rem sebelum mudik, karena piranti kecil ini punya fungsi yang selaras dengan minyak rem.

Kemudian juga melakukan pengecekan pada sistem penerangan dan lampu-lampu. Terutama jika Anda terpaksa untuk pergi di malam hari. Kondisi kelistrikan dan bohlam juga tidak kalah penting untuk memastikan lampu utama, sein dan lampu lain tetap bekerja

Yang terakhir tentunya periksa tekanan angin pada ban. Ini dilakukan untuk mencegah pecah ban di perjalanan mudik. Tekanan ban yang normal juga membuat kestabilan kendaraan lebih baik. Selain itu, mengecek tekanan ban sebelum bepergian jauh dapat memberikan dampak positif bagi diri sendiri dan juga untuk orang lain, karena hal ini dapat mencegah terjadinya kejadian yang tak diharapkan.

Dengan menjaga kondisi mobil Anda dalam keadaan prima tentu akan membuat perjalanan mudik Anda menjadi lebih aman dan nyaman. Selain itu Anda juga tidak akan merugikan orang lain selama di perjalanan. Yuk, jadi #totalpositif dan bermanfaat bagi semua orang.