Skip to content

08/08/2018 News

CARA BENAR MEMBERSIHKAN MESIN MOBIL

Kebersihan mobil tidak hanya pada bagian eksterior ataupun interior mobil, mesin juga perlu diperhatikan. Hal ini karena mesin menjadi pusat kinerja mobil sehingga membutuhkan perhatian khusus. Mesin mobil kotor beresiko karat dan pastinya membahayakan saat dikendarai. Biasanya mesin mobil yang kotor disebabkan tetesan pelumas, panas mesin, dan lainnya.

Beberapa hal yang menjadi alasan kenapa kebersihan mesin mobil menjadi hal penting dan perlu diperhatikan antara lain adalah

  • Mencegah terhambatnya pelepasan panas yang ada pada mesin akibat kotoran-kotoran yang menumpuk seperti tetesan pelumas atau debu pada komponen  mesin, radiator mesin dan AC dan lainnya.
  • Dapat mencegah resiko terjadinya aus pada bagian-bagian komponen mesin yang terbuka. Komponen mesin tersebut seperti ACG, dinamo, belt AC, power steering dan lainnya
  • Meringankan kerja kipas pada radiator mesin dan pendingin udara
  • Menjaga kondisi konektor listrik agar tetap bekerja dengan maksimal karena tidak ada kotoran yang menghambat di dalamnya

Nah setelah mengetahui bahwa kebersihan mesin mobil menjadi hal yang cukup penting dalam menjaga peforma mobil. Berikut akan dijelaskan mengenai cara-cara yang baik untuk mencuci mesin mobil anda.

Pembersih Mesin Mobil

Tentunya mencuci mesin mobil berbeda dengan bagian bodi mobil, bahkan pembersih yang digunakan juga berbeda. Jenis pembersih yang digunakan untuk mencuci mesin ada dua, yaitu:

  • Engine Clean, yaitu jenis pembersih mesin mobil yang digunakan pada kotoran-kotoran yang cukup melekat pada mesin mobil
  • Engine Dressing, yaitu jenis pembersih yang digunakan untuk mengembalikan warna komponen mesin mobil

Selain pembersih diatas, beberapa pembersih lainnya yang biasa digunakan oleh banyak orang untuk membersihkan mesin mobil antara lain adalah

1. Minyak tanah/ engine degreaser

Beberapa orang sebenarnya lebih banyak menggunakan solar untuk bahan pembersih mesin mobil, namun karena sifat solar yang mudah terbakar sehingga lebih baik bila menggunakan  minyak tanah. Minyak tanah juga memiliki harga yang lebih ekonomis dan daya membersihkannya lebih baik. Untuk engine degreaser, biasanya pembersih ini djual dalam bentuk kaleng-kaleng aerosol.  Untuk harga lebih mahal bila dibandingkan dengan minyak tanah.

 

2. Belt dresser

Pembersih ini berupa cairan khusu yang dapat digunakan pada semua jenis rubber belt seperti belt water pump, AC, alternator, dan lain-lainnya. Pembersih ini biasanya dijual dalam bentuk kaleng aerosol.

 

3. Sabun Colek

Sabun colek digunakan sebagai pembersih mesin mobil karena kekuatannya yang dapat membersihkan noda-noda yang melekat sekalipun.

 

4. Cairan Silikon

Pembersih ini digunakan untuk menjaga kelenturan komponen yang berbahan karet atau PU, semisal pada karet damper, karep kap mesin dan lain-lain.

 

5. Grease

Kebanyakan orang menyebutkan dengan nama gemuk. Pembersih ini merupakan pelumas yang berbentuk seperti pasta.

 

Proses pencucian mesin

Setelah semua persiapan telah dilakukan, saatnya anda mulai membersihkan mesin mobil anda. Langkah-langkah yang dapat anda lakukan antara lain adalah:

  • Bersihkan bagian mesin yang mudah lebih dulu, seperti bagian bawah kap mobil. Semprot dengan air, tapi jangan menggunakan semprotan yang bertekanan tinggi. Anda cukup menggunakan sabun colek/ krim untuk membersihkan bagian bawah kap mesin mobil. Sabun  colek dapat melarutkan kotoran yang melekat serta bercampur dengan pelumas mesin. Gosok menggunakan sikat yang agak kasar. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air bersih. Yang perlu diperhatikan adalah, pada saat mencuci jangan sampai sabun mengering sehingga dapat meninggalkan bekas pada mesin. Keringkan dengan menggunakan kain sehingga tidak ada air yang menetes ke mesin mobil.
  • Langkah selanjutnya adalah mencuci ruang mesin mobil anda. Semprotkan air terlebih dahulu pada ruang mesin (ingat jangan menggunakan tekanan tinggi). Cukup semprotkan menggunakan selang biasa ataupun botol spray.
  • Anda dapat memulai membersihkan bagian belakang mesin dan dilanjutkan hingga ke bagian depan mesin mobil. Anda dapat menggunakan spons atau kuas dengan pembersih untuk membersihkan bagian mesin mobil.
  • Pada bagian radiator mesin dan AC, proses pencucian mungkin akan terasa susah. Anda dapat membuka grill depan lebih dulu, tapi ingat, sistem pengikatnya rawan untuk patah sehingga perlu dilakukan dengan hati-hati.
  • Bila anda menggunakan engine degreaser, cobalah untuk menyemprotkan dulu pada bagian mesin yang terkena noda dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu anda dapat menggunakan kuas untuk menyapukan ke seluruh bagian mesin mobil anda.
  • Untuk bagian mesin yang terkena kerak pelumas dan susah untuk dihilangkan, anda dapat menggunakan pembersih khusus yang dijual di pasaran
  • Untuk bagian mesin yang kecil dan rumit, anda dapat menggunakan kuas kecil agar bagian tersebut dapat dibersihkan dengan sempurna.
  • pada proses pembilasan, gunakan spray atau selang air yang tidak terlalu deras agar air tidak menyebar ke bagian-bagian lainnya. Lap mesin mobil dengan sedikit tekanan pada bagian mesin yang terdapat noda.