Skip to content

05/01/2018 News

BAGAIMANA CARA MENGECEK PELUMAS MESIN ?

Pengecekan pelumas mesin sangat penting dilakukan secara rutin atau di saat yang dibutuhkan — contohnya saat anda akan mempersiapkan perjalanan panjang. Pengecekan rutin harus dilakukan minimal satu kali setiap bulan untuk memastikan agar tidak terjadi kerusakan dan keausan pada mobil anda yang dapat mengakibatkan pengeluaran yang besar.

Mengecek pelumas mesin sangat mudah. Anda hanya perlu selembar kain bersih atau tisu, dan sepasang sarung tangan yang dapat menjaga tangan anda tetap bersih. Sekarang anda dapat mulai mengecek pelumas dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

 

  1. Parkir mobil anda pada permukaan datar dan matikan mesin anda. Tunggu hingga mesin dingin.
  2. Buka kap mesin dan amankan bonnet
  3. Cari dipstick. Ujung dipstick biasanya berbahan plastik dan berwarna cerah seperti kuning atau putih. Jika Anda tidak dapat menemukannya, periksa buku manual 
  4. Periksa pelumas mesin— kondisi dan tinggi pelumas

Bagaimana cara mengecek kondisi pelumas mobil?

Keluarkan dipstick. Warna pelumas tidak menunjukkan kondisi dan kualitas pelumas. Sebaliknya, periksalah bau pelumas. Jika pelumas anda memiliki bau yang tajam, hal ini menunjukkan pelumas mesin perlu diganti.

Bagaimana cara mengecek tinggi pelumas?
Keluarkan dipstick dan bersihkan dengan kain atau tisu. Carilah tanda tinggi dan rendah pada dipstick. Masukkan kembali dipstick yang telah dibersihkan, kemudian tarik keluar. Periksa tinggi pelumas, jika tinggi pelumas di bawah tanda rendah, itu berarti Anda perlu menambah pelumas.
 
Anda dapat menonton video di bawah ini untuk mengetahui lebih mengenai Bagaimana cara mengecek pelumas mobil dengan Pelumas TOTAL QUARTZ.